Perancangan mixed-use building dengan pendekatan arsitektur tropis di Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Huda, Moch. Khusnul (2022) Perancangan mixed-use building dengan pendekatan arsitektur tropis di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch. Khusnul Huda_H03216014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pesatnya perkembangan kotamadya menjadi daerah-daerah kecil dan daerah modern merupakan faktor yang harus diperhitungkan ketika mengembangkan rencana umum untuk pembangunan kota Surabaya. Kebutuhan perumahan, lapangan pekerjaan dan hiburan semakin meningkat karena merupakan kebutuhan utama masyarakat terutama yang tinggal di perkotaan. Oleh karena itu perancangan mixed-use building sebagai hunian di Kota Surabaya merupakan pilihan yang tepat. Karena mixed-use building memungkinkan menempatkan beberapa aktivitas dalam satu tempat. Membangun pusat perbelanjaan sebagai tempat jual beli dan refreshing untuk memberikan kenyamanan, kemudahan, kecepatan dan pelayanan terbaik selain kebutuhan perumahan adalah untuk memenuhi tingginya permintaan akan kebutuhan pokok, penyegaran dan meningkatkan perekonomian kota Surabaya. Penambahan fungsi kantor juga sangat dibutuhkan warga Kota Surabaya, hal itu dikarenakan sudah mulai padatnya lalu lintas di Kota Surabaya disaat jam pergi atau pulang kerja sehingga membuat warga Kota Surabaya membutuhkan waktu yang lebih lama ketika ingin berpergian ke kantor atau tempat kerja. Hal ini dilakukan bertujuan agar warga Kota Surabaya dapat meminimalisir aktivitas di jalan dan memudahkan dalam melakukan aktivitas bekerja. Oleh karena itu, merancang mixed-use building merupakan salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, hal ini juga sejalan dengan keinginan pemerintah Kota Surabaya. Mixed-use building ini merupakan gedung berdesain vertikal yang memadukan berbagai aktivitas dan fungsi. Kami mendukung kebutuhan anda dengan menggabungkan fungsi perumahan, pusat perbelanjaan, dan kantor sewa. Disamping memenuhi kebutuhan warga Kota Surabaya. Rancangan mixed-use building juga harus memperhatikan lingkungan yang ada. Maka dari itu rancangan mixed-use building ini menggunakan pendekatan tropis agar bangunan modern ini bisa meminimalisir kerusakan lingkungan yang ada. Mixed-use building ini juga memanfaatkan elemen alam yang ada pada tapak seperti pemanfaatan energi matahari, udara, dan juga air sebagai energi yang digunakan fungsi aktivitas sehari-hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Huda, Moch. Khusnulm.khusnulhuda7@gmail.comH03216014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHapsari, Oktavi Elokoktagaudielok@gmail.com2004108501
Thesis advisorSuriani, Efaefasuriani@gmail.com2024027903
Subjects: Arsitektur
Teknologi
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Mixed-use building; arsitektur tropis
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Moch. Khusnul Huda
Date Deposited: 23 Sep 2022 08:43
Last Modified: 23 Sep 2022 08:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54649

Actions (login required)

View Item View Item