Pemulihan bisnis pasca bencana pada usaha mikro, kecil, dan menengah sektor halal food di Kota Palu dalam perspektif islamic entrepreneurship

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sofyan, Syaakir (2022) Pemulihan bisnis pasca bencana pada usaha mikro, kecil, dan menengah sektor halal food di Kota Palu dalam perspektif islamic entrepreneurship. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syaakir Sofyan_F53319043.pdf

Download (4MB)

Abstract

Bencana senantiasa memberikan kerugian khususnya dalam lingkup bisnis yang berdampak pada keberlangsungan usaha. Pemulihan bisnis mutlak dilakukan dalam rangka pemulihan mata pencaharian masyarakat dan berperan penting dalam pemulihan sosial ekonomi masyarakat. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus untuk menganalisis dampak bencana Pasigala terhadap UMKM sektor halal food, proses dan model pemulihan bisnis yang dilakukan oleh pelaku UMKM sektor halal food dan meninjaunya melalui perspektif Islamic Entrepreneurship (IE) serta menemukan model pemulihan bisnis perspektif IE. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri atas sumber primer dan sumber sekunder. Data primer diperoleh observasi dan wawancara mendalam kepada pelaku UMKM yang terdampak bencana serta kepada pihak pemerintah kota dan provinsi yang terlibat dalam pemulihan UMKM. Sedangkan data sekunder diperoleh dari publikasi resmi yang dikeluarkan otoritas terkait. Temuan penelitian ini adalah: pertama, dampak bencana Pasigala terhadap UMKM bervariasi untuk setiap usaha yang meliputi aset fisik, sumber daya manusia, bahan baku, produksi, penjualan, dan modal usaha. Kedua, proses pemulihan bisnis diawali dengan tindakan penyelamatan terhadap aset usaha yang dirangkaikan dengan kegiatan penilaian atas dampak bencana terhadap usaha. Hasil penilaian menjadi pertimbangan bagi pelaku bisnis untuk memutuskan pilihan, diantaranya: mengoperasikan kembali usaha, menutup sementara, atau mencoba usaha lain tanpa menutup usaha sebelumnya. Dampak yang diakibatkan oleh bencana diatasi dengan berbagai upaya yaitu dengan merelokasi usaha, mencari suntikan dana, mencari pemasok baru dan alternatif bahan baku, mencari pekerja baru, menunggu permintaan, dan agresif dalam penggunaan media sosial. Ketiga, model pemulihan bisnis yang diterapkan terdiri atas model berdasarkan rencana pemulihan yang ditetapkan oleh pemerintah dan model pemulihan perspektif pelaku bisnis. Keempat, terdapat kesesuaian perspektif IE dengan proses pemulihan yang dilakukan pelaku bisnis dilihat dari aspek pengambilan keputusan yang didasarkan pada ketersediaan peluang usaha, motivasi, tujuan pemulihan bisnis, efikasi diri, dan tindakan. Selain itu, ditemukan pula yang tidak sesuai dengan IE pada aspek tindakan yaitu terdapat beberapa pelaku bisnis yang memanfaatkan momentum untuk mendapatkan bantuan dan untuk pengembangan yang tidak sesuai dengan etika Islam. Adapun penerapan model pemulihan yang dilakukan oleh pemerintah telah sesuai dengan IE dan pada model yang diterapkan oleh pelaku bisnis terdapat ketidaksesuaian dengan IE. Implikasi teoretik dari penelitian ini adalah menemukan model pemulihan bisnis pasca bencana perspektif IE. Selain itu, memperkuat teori IE yang tidak hanya berorientasi pada lingkup pelaku bisnis semata, namun juga pada pada lingkup sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sofyan, Syaakirbaangsofyan@gmail.comF53319043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDjamaluddin, Burhanpps@uinsby.ac.id2021125501
Thesis advisorArifin, Sirajulsirajul.arifin@uinsby.ac.id2014057001
Subjects: Bencana alam
Ekonomi Islam
Industri Kecil
Keywords: Pemulihan usaha; bencana; pelaku bisnis; islamic entrepreneuship
Divisions: Program Doktor > Ekonomi Syariah
Depositing User: Syaakir Sofyan
Date Deposited: 01 Nov 2022 01:32
Last Modified: 01 Nov 2022 01:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54654

Actions (login required)

View Item View Item