Pengaruh regulasi dan kesadaran terhadap kepatuhan membayar zakat profesi pegawai Kementerian Agama Kota Batu

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiratika, Tishar (2022) Pengaruh regulasi dan kesadaran terhadap kepatuhan membayar zakat profesi pegawai Kementerian Agama Kota Batu. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tishar Maghfiratika_G05218019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh regulasi terhadap kepatuhan membayar zakat profesi pegawai Kementerian Agama Kota Batu. Selain itu, tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh kesadaran terhadap kepatuhan membayar zakat profesi pegawai Kementerian Agama Kota Batu. Serta bertujuan untuk mendeskripsikan regulasi dan kesadaran berpengaruh secara simultan terhadap kepatuhan membayar zakat profesi pegawai Kementerian Agama Kota Batu. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian asosiatif kausalitas. Jenis penelitian asosiatif kausalitas ialah penelitian yang meneliti pengaruh antar satu variable terhadap variable yang lain. Metode yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini ialah kuantitatif, yakni menganalisis data dengan mengumpulkan data menggunakan instrumen penelitian yang digunakan untuk meneliti populasi/sampel tertentu dan menguji hipotesis yang telah ditentukan. Peneliti mengambil data penelitian dengan kuesioner, dokumentasi, dan wawancara kepada Penyelenggara Zakat dan Wakaf Ahmad Jazuli, S. Kom, Pranata Komputer Hafid Junaedi, S.E, Pengadministrasi Kependidikan Achmad Syafiudin Muslim. Penelitian ini dilangsungkan di Kemenag Kota Batu dengan responden sebanyak 43. Hasil analisis menunjukkan, (1) tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara regulasi terhadap kepatuhan pembayaran zakat profesi pegawai Kemenag Kota Batu, dengan nilai signifikan sebesar 0,526 > 0,05 dengan koefisien regresi sebesar 0,050, maka hipotesis hasil uji persamaan regresi menunjukkan, regulasi tidak memberikan pengaruh positif terhadap kepatuhan membayar zakat profesi pegawai Kemenag Kota Batu. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kesadaran terhadap kepatuhan membayar zakat, dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Nilai koefisien regresinya yakni 0.402. Berdasarkan analisis tersebut, variabel kesadaran terbukti memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan membayar zakat profesi pegawai Kemenag Kota Batu. (3) regulasi dan kesadaran dinyatakan berpengaruh secara simultan terhadap kepatuhan membayar zakat profesi pegawai Kementerian Agama Kota Batu. Saran dari adanya penelitian ini hendaknya penggalakan sosialisasi terkait Instruksi Walikota Batu Nomor 4 Tahun 2018 terkait Optimalisasi Pengumpulan Zakat, Infaq, Shadaqah pada satuan kerja perangkat daerah, Instansi Vertikal, dan BUMD di lingkungan pemerintah Kota Batu dilakukan secara lebih merata kepada para pegawai Kementerian Agama Kota Batu guna menambah penghimpunan dana zakat profesi. dan sebaiknya diterapkan pemotongan gaji bagi pegawai Kementerian Agama Kota Batu yang belum membayar zakat, bila gajinya telah mencapai nishab zakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiratika, Tishartmaghfiratika@gmail.comG05218019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofatok@gmail.com2030107702
Subjects: Ekonomi Islam
Masalah sosial
Zakat
Keywords: Regulasi; Kesadaran; Kepatuhan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Tishar Maghfiratika Suharsono
Date Deposited: 03 Oct 2022 08:41
Last Modified: 03 Oct 2022 08:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54702

Actions (login required)

View Item View Item