Implementasi pendidikan karakter pada tema 8 daerah tempat tinggalku subtema 3 bangga terhadap daerah tempat tinggalku peserta didik kelas IV B MIN 1 Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Ishardina Kholifatul (2022) Implementasi pendidikan karakter pada tema 8 daerah tempat tinggalku subtema 3 bangga terhadap daerah tempat tinggalku peserta didik kelas IV B MIN 1 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ishardina Kholifatul Hidayati_D77218040.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan karakter pada peserta didik. Namun, pada saat pembelajaran tematik guru masih kesulitan dalam mengimplentasikan pendidikan karakter pada tema 8 Daerah Tempat Tinggalku subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku. Hal ini dikarenakan guru tidak dapat mengawasi secara langsung dan peserta didik lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah dibandingkan di sekolah. Di sisi lain adanya fenomena maraknya perilaku yang ditunjukkan peserta didik kepada gurunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi Pendidikan Karakter pada tema 8 Daerah Tempat Tinggalku subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku Peserta Didik Kelas IV B MIN 1 Lamongan. 2) Kendala dalam proses implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran tematik peserta didik kelas IV B MIN 1 Lamongan. 3) Solusi dalam proses implementasi pendidikan karakter pada tema 8 Daerah Tempat Tinggalku subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku peserta didik kelas IV B MIN 1 Lamongan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskripstif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman, meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pendidikan karakter pada tema 8 Daerah Tempat Tinggalku subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku terdiri atas tiga tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam perencanaan, perangkat pembelajaran yang dibuat sudah menunjukkan adanya pengintegrasian pendidikan karakter pada pembelajaran tematik. Untuk pelaksanaannya dengan cara menyisipkan nilai karakter pada kegiatan pembelajaran dan pembiasaan-pembiasaaan. Dari pelaksanaan pembelajaran tematik guru mengembangkan dan menanamkan nilai karakter yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Evaluasi implementasi pendidikan karakter dilakukan dengan melakukan penilaian sikap. 2) Kendala dalam proses implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran tematik adalah faktor karakter bawaan, lingkungan, dan keterbatasan metode dan media pembelajaran. 3) Adapun solusinya adalah dengan tetap bersabar, optimis, dan ulet dalam menerapkan pendidikan karakter. Selain itu guru juga dapat memanggil dan berkonsultasi dengan orang tua peserta didik serta guru harus mengembangkan kemampuan dalam menerapkan metode dan media pembelajaran yang bervariatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, Ishardina Kholifatulishardina24@gmail.comD77218040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinsihabudin@uinsby.ac.id2020027701
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Pendidikan karakter; tema 8; daerah tempat tinggal; kelas IV B
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ishardina Kholifatul Hidayati
Date Deposited: 04 Oct 2022 04:33
Last Modified: 04 Oct 2022 04:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54703

Actions (login required)

View Item View Item