Implementasi kurikulum International Baccalaureate dalam pengembangan kompetensi siswa di MI Muslimat NU Pucang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidiah, Siti Nuriyah Ihsanul (2022) Implementasi kurikulum International Baccalaureate dalam pengembangan kompetensi siswa di MI Muslimat NU Pucang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Siti Nuriyah Ihsanul Maulidiah_ D03218029.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan pendidikan yang sangat ketat dalam mengembangkan kompetensi siswa sehingga mengharuskan MI Muslimat NU Pucang turut berpartisipasi dengan mengembangkan kompetensi siswa. Untuk dapat mengembangkan kompetensi siswa, MI Muslimat NU Pucang mengimplementasikan kurikulum International Baccalaureate karena dianggap berperan penting dalam mengembangkan kompetensi siswa dengan cara menyusun strategi implementasi kurikulum dan pengembangan kompetensi siswa dari segi pengetahuan, keterampilan dan sikap. Penelitian ini berfokus pada beberapa hal yang Pertama, Bagaimana implementasi kurikulum International Baccalaureate dalam pengembangan kompetensi siswa di MI Muslimat NU Pucang di MI Musliat NU Sidoarjo? Kedua, Apa faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum International Baccalaureate dalam pengembangan kompetensi siswa di MI Muslimat NU Pucang Sidoarjo?. Adapun penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, data yang didapatkan bersumber dari data sekunder dan data primer dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapat akan diuji keabsahannya dengan triangulasi dan dianalisis dengan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum International Baccalaureate dalam pengembangan kompetensi siswa di MI Muslimat NU Pucang bertujuan untuk memberikan inovasi baru kepada pelanggan dengan mengembangkan kurikulum yang dapat meningkatkan kualitas pendidik dan peserta didik yang tertuang dalam strategi implementasi kurikulum International Baccalaureate dalam pengembangan kompetensi siswa di MI Muslimat NU Pucang. Serta dalam implementasinya tidak lepas dari faktor pendukung seperti letak strategis, program madrasah, dan kerja sama antar warga sekolah dan penghambatnya seperti kurangnya keahlian dalam berbahasa inggris.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidiah, Siti Nuriyah Ihsanulanandayudistira122@gmail.comD03218029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Thesis advisorMustofa, Alialimustofa@uinsby.ac.id2025127601
Subjects: Kurikulum
Manajemen Pendidikan
Keywords: Kurikulum International Baccalaureate; Kompetensi Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Nuriyah Ihsanul Maulidiah
Date Deposited: 19 Oct 2022 06:45
Last Modified: 19 Oct 2022 06:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54730

Actions (login required)

View Item View Item