Urban Sufism dan Religiusitas Jemaah Majlis Maulid Wat Ta’lim Riyadlul Jannah Batu Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zumani, Jazirotul (2022) Urban Sufism dan Religiusitas Jemaah Majlis Maulid Wat Ta’lim Riyadlul Jannah Batu Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jazirotul Zumani_E92218072.pdf

Download (2MB)

Abstract

Urban sufism merupakan fenomena sosial keagamaan yang muncul di tengah-tengah era kontemporer. Urban sufism berusaha memenuhi kebutuhan ruhaniyah individu berdasarkan nilai-nilai tasawuf. Praktik salafi dalam kegiatan keagamaan bertransformasi menjadi kebutuhan religius kelas menengah Muslim saat ini. Demikian urban sufism berkembang menjadi trend populer kelas menengah Muslim. Oleh karena itu, fenomena urban sufism digunakan sebagai pijakan dalam menganalisis Majlis Maulid Wat Ta’lim Riyadlul Jannah. Sedangkan religious attachment jemaah Majlis Maulid Wat Ta’lim Riyadlul Jannah dianalisis berdasarkan teori religiusitas Glock dan Stark yang di dalamnya terdapat lima dimensi untuk mengukur pola beragama jemaah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data-data lapangan secara detail terkait kegiatan tersebut. Adapun sumber data diperoleh dari narasumber yang berada di naungan Majlis Maulid Wat Ta’lim Riyadlul Jannah dan responden yang mengikuti kegiatan tersebut. Dalam analisis data, penulis menggunakan teori urban sufism yang dikembangkan oleh Julia Day Howell dan teori religiusitas oleh Glock dan Stark yang memaparkan dimensi-dimensi keagamaan sehingga membentuk religious attachment di kalangan jemaah atau masyarakat Muslim urban di Batu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zumani, Jazirotuljazirohzumani@gmail.comE92218072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSiddiq, Akhmada.siddiq@uinsby.ac.id2009087702
Subjects: Budaya - Agama
Organisasi Masyarakat
Spiritualisme
Keywords: Majlis Taklim; Islam; urban sufism; religious attachment
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Jazirotul Zumani
Date Deposited: 30 Oct 2022 04:43
Last Modified: 11 Nov 2022 05:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54735

Actions (login required)

View Item View Item