This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Muslim, Mashuri (2022) Internalisasi nilai - nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMAN 15 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Mashuri Muslim_D71218078_OK.pdf Download (1MB) |
Abstract
PendidikannAgamaaIslam adalah suatu upaya yang berupa bimbingan, pelatihan dan asuhan yang dilakukan seorang pendidik terhadap peserta didik dengan berorientasi pada perbaikan sikap mental yang terwujud dalam amal perbuatan, baik untuk diri sendiri maupun orang lain dalam kehidupan. Internalisasi nilai – nilai Pendidikan multikultural merupakan suatu upaya penanaman nilai multikultural dengan menghayati dan mendalami nilai tersebut agar dapat mengetahui dan mengembangkan sikap saling menghargai, saling menghormati, dan perdamaian dalam sebuah kehidupan. Pendidikan multikultural yang dilakukan di SMAN 15 Surabaya bertujuan untuk mewujudkan kehidupan harmonis yang berlandaskan dengan nilai atau sikap bertoleransi, terbuka, saling menghargai dan menghormati di setiap perbedaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pertama nilai – nilai multikultural apa saja yang ada di SMAN 15 Surabaya. 2) Proses internalisasi nilai – nilai Pendidikan multikultural dalam pembelajan PAI di SMAN 15 Surabaya. 3) Hasil internalisasi nilai – nilai Pendidikan multikultural dalam pembelajaran PAI di SMAN 15 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi dengan sumber data yakni informan dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan proses kondensasi, penyajian data (data display) dan verifikasi atau penarikan kesimpulan (verification). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bentuk nilai – nilai multikultural yang diinternalisasikan dalam proses pembelajaran PAI yakni Nilai Inklusif (Terbuka), Nilai Kemanusiaan (Humanis), Nilai Toleransi, Nilai Tolong Menolong, Nilai Keadilan (Demokratis) dan Nilai Persamaan dan Persaudaraan (Ukhuwah). 2) Proses internalisasi nilai – nilai Pendidikan multikultural dalam pembelajaran PAI dilakukan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. 3) Hasil internalisasi nilai – nilai Pendidikan multikultural dalam pembelajaran PAI dapat dilihat dari kehidupan di lingkungan sekolah antara siswa, guru, dan karyawan yang terjalin dengan harmonis, saling menghargai dan menghormati di setiap perbedaan. Tidak hanya di lingkungan sekolah, akan tetapi juga di lingkungan masyarakat mampu mewujudkan kehidupan yang damai, saling menghargai, dan saling menghormati dalam segala aspek keragaman.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum | ||||||||||||
Keywords: | Nilai – Nilai Pendidikan Multikultural; Pembelajaran PAI; Toleransi | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Mashuri Muslim | ||||||||||||
Date Deposited: | 12 Jun 2023 01:54 | ||||||||||||
Last Modified: | 12 Jun 2023 01:54 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54744 |
Actions (login required)
View Item |