Analisis pemanfaatan media audio visual pada pembelajaran Tematik Kelas IV Muatan Bahasa Indonesia di MIN 1 Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maesaroh, Siti (2022) Analisis pemanfaatan media audio visual pada pembelajaran Tematik Kelas IV Muatan Bahasa Indonesia di MIN 1 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Maesaroh_D77218058.pdf

Download (3MB)

Abstract

Lahirnya penelitian kali ini di latar belakangi oleh penggunaan Media Audio Visual yang di rasa masih belum digunakan secara maksimal pada proses belajar-mengajar. Seiring dengan perkembangan zaman dengan bebagai sistem kekinian, kemudian konsep pembelajaran ini terpaksa juga harus dilakukan. Salah satunya dengan adanya musibah pandemi Covid-19, mendorong untuk memaksimalkan penggunaan Media Audio Visual dalam pembelajaran. Apalagi di era yang serba digital per hari ini juga sangat perlu adanya pembelajaran berbasis teknologi. Hal ini yang mendorong peneliti untuk melakukan sebuah penelitian berdasarkan analisis di atas dengan judul Analisis Pemanfaatan Media Audio Visual Pada Pembelajaran Tematik Muatan Bahasa Indonesia di MIN 1 Kota Surabaya.Rumusan masalah yang tersaji dalam penelitian kali ini adalah Bagaimana pemanfaatan media audio visual pada pembelajaran tematik kelas IV muatan Bahasa Indonesia di MIN 1 Kota Surabaya? Dan Apa faktor penghambat dan pendukung dalam pemanfaatan Media Audio Visual pada pembelajaran tematik kelas IV muatan Bahasa Indonesia di MIN 1 Kota Surabaya?Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kasus. Penelitian ini juga merupakan bentuk penelitian studi kasus dimana penelitian ini bagian dari metode kualiatif yang akan mendalami suatu kasus tertentu yang mendalam. Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1. Pemanfaatan media audio visual dalam pembelajaran tematik Bahasa Indonesia kelas IV MIN 1 Kota Surabaya telah dilaksanakan dan disambut dengan respon yang sangat antusias dari peserta didik. Selain itu, peserta didik juga lebih aktif berinteraksi Ketika digunakan media audio visual dalam proses belajar-mengajar. Sehingga efektifitas dan efisiensi ini menghasilkan grafik yang meningkat pada hasil belajar siswa. 2. Beberapa hambatan dalam penerapan pembelajaran berbasis media audio visual, yakni masih adanya tenaga pendidik yang kurang menguasai media audio visual. Dan juga dari segi peserta didik ditemukan berbagai problematika yang bermacam- macam, seperti rasa ingin tahu yang destruktif dalam pembelajaran. Terlebih lagi belum maksimalnya penggunaan media pembelajaran audio visual di MIN 1 Kota Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maesaroh, Sitisitimae0906@gmail.comD77218058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2073091001
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Subjects: Internet
Motivasi Belajar
Minat Siswa
Keywords: Pemanfaatan; Media Audio Visual; Pembelajaran Tematik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Maesaroh
Date Deposited: 02 Nov 2022 07:25
Last Modified: 02 Nov 2022 07:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54767

Actions (login required)

View Item View Item