Penerapan strategi pembelajaran SAVI (somatic, auditory, visualization, intellectualy) berbantu alat peraga dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di UPT SMPN 14 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ni'mah, Nabilah Aisy Sausan (2022) Penerapan strategi pembelajaran SAVI (somatic, auditory, visualization, intellectualy) berbantu alat peraga dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di UPT SMPN 14 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabilah Aisy Sausan Ni'mah_D01218038.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan Strategi Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, visualization, dan Intellectually) dengan berbantu alat peraga pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII di UPT SMPN 14 Gresik. 2) Minat belajar peserta didik selama penerapan strategi pembelajaran SAVI (somatic, Auditory, Visualization, dan Intellectually) dengan berbantu alat peraga pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di UPT SMPN 14 Gresik. 3) Penerapan Strategi Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, visualization, dan Intellectually) dengan berbantu alat peraga dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di UPT SMPN 14 Gresik. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Jumlah sampel sebanyak 124 peserta didik, menggunakan teknik stratatified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam skripsi ini yaitu dengan menggunakan kolerasi ganda dan regresi ganda. Hasil dari analisis data penelitian menunjukkan bahwa: 1) 86% peserta didik setuju dengan adanya penerapan strategi pembelajaran SAVI dengan berbantu alat peraga dapat diterapkan pada pembelajaran Pendidikan agama Islam. 2) Berdsarkan persamaan regresi ganda diperoleh, setiap tambahan 1 % nilai strategi pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, visualization, dan Intellectually) dan alat peraga yang digunakan, maka nilai minat belajar bertambah sebesar 0,275 dan 0,754. 3) Penerapan strategi pembelajaran SAVI (somatic, Auditory, Visualization, dan Intellectually) dengan berbantu alat peraga dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di UPT SMPN 14 Gresik dihitung dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan aplikasi SPSS. 22 memperoleh hasil kolerasi yang mana terdapat pengujian R dan R Square yang menghasilkan nilai hubungan (R) mendapatkan nilai sebesar 0,890 sedangkan determinasi (R Square) mendapatkan nilai 0,792 yang memiliki makna bahwa penerapan variabel bebas yaitu strategi pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, visualization, dan Intellectually) dengan berbatu alat peraga terhadap variabel terikat yaitu minat belajar mendapatkan prosestase 79,2%. Hasil hitung uji F, mendapatkan F hitung 230,769, yang lebih besar dari F tabel. Dari hasil uji t mendapakan nilai untuk variabel bebas sebesar 4,982, dan varibel terikat sebesar 14,866, yang nilainya lebih besar dari t tabel, yang menandakan adanya kolerasi yang kuat untuk diterapkannya variabel bebas dan terikat pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam di UPT SMPN 14 Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ni'mah, Nabilah Aisy Sausannabilahaisy614@gmail.comD01218038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutikno, Sutiknonohsutik@yahoo.co.id2006086803
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmualifah@yahoo.com2006076701
Subjects: Pendidikan
Keywords: Alat peraga; Minat Belajar; PAI; Strategi Pembelajaran SAVI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nabilah Aisy Sausan Ni'mah
Date Deposited: 19 Oct 2022 06:38
Last Modified: 19 Oct 2022 06:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54775

Actions (login required)

View Item View Item