Analisis Hukum Islam dan undang – undang no. 11 tahun 2008 tentang informasi dan elektronik terhadap praktik jual beli Chip Higs Domino di Warung Markas Granting Surabaya Utara

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggoro, Mochammad Ardy Fattur Rahman Puspo (2022) Analisis Hukum Islam dan undang – undang no. 11 tahun 2008 tentang informasi dan elektronik terhadap praktik jual beli Chip Higs Domino di Warung Markas Granting Surabaya Utara. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Ardy Fattur Rahman Puspo Anggoro_C02218023 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya melakukan analisis menggunakan metode deskriptif dengan pola pikir deduktif. Dari hasil penelitian tersebut menyimpulkan, Pada praktik Transaksi jual beli Chip Game Online Higs Domino, yang diawali dari pemasaran di sosial media online. Disini penjual dapat yang menerangkan dan membujuk pembeli untuk membeli Chip Game Online Higs Domino dengan nominal chip yang dijual dan juga nominal harga jualnya setelah itu jika teransaksi sudah disepakati maka pihak pembeli menanyakan lokasi tempat untuk melakukan sebuah transaksi ataupun bisa juga dikatakan cash on delivery ataupun melalui pembayaran transfer. Praktik jual beli yang terjadi di warung Markas Granting Surabaya Utara yang disini tidak sesuai dengan syarat jual beli dalam hukum Islam karena terdapat perjudian (maysir) pada kualitas objek transaksi. dan ini tidak sesuai dengan Pasal 27 ayat 2 dalam UU ITE karena jual beli dikatakan tidak sah dengan adanya unsur perjudian. Sejalan dengan kesimpulan diatas maka penulis menyarakan untuk praktik jual beli chip higs domino pihak penjual lebih baik menjual suatu barang dengan objek yang jelas sesuai syariat Islam dan tidak adanya suatu barang yang mengandung sebuah maysir. Pembeli sebaiknya lebih memperhatikan atas barang yang mau dibeli agar tidak terbawah ketika pembeli membeli suatu barang yang tidak sesuai oleh syariat Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggoro, Mochammad Ardy Fattur Rahman Puspoardifatur81@gmail.comC02218023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArif, Mohammadarifradhi18@gmail.com102101811126130
Subjects: Hukum Islam
Jual Beli
Muamalat Muamalah
Keywords: Hukum Islam; jual beli; chip
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Mochammad Ardy Fattur Rahman Puspo Anggoro
Date Deposited: 21 Oct 2023 10:39
Last Modified: 21 Oct 2023 10:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54787

Actions (login required)

View Item View Item