Pengaruh media teka-teki bergambar terhadap kemampuan keaksaraan anak kelompok B di Tk Muslimat NU 12 Mambaul Ulum Bedanten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ni'mah, Ziadatun (2022) Pengaruh media teka-teki bergambar terhadap kemampuan keaksaraan anak kelompok B di Tk Muslimat NU 12 Mambaul Ulum Bedanten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ziadatun Ni'mah_D99218077.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan keaksaraan anak di TK Muslimat NU 12 Mambaul Ulum Bedanten Gresik hal ini ditandai dengan kurang tercapainya beberapa indikator pada aspek keaksaraan usai 5-6 tahun, sebab masih kesulitan dalam mengerjakan densitas pekerjaan disebabkan oleh media pembelajaran yang kurang bervariasi dan kurang efektif terhadap kemampuan membaca dan menulis. Oleh sebab itu peneliti menggunakan media teka-teki bergambar untuk meningkatkan konsentrasi dalam memecahkan masalah serta menstimulasi minat belajar anak dalam mengenal keaksaraan pada anak kelompok B di TK Muslimat NU 12 Mambaul Ulum Bedanten Gresik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design tipe one group pretest-posttest. Subjek yang digunakan adalah mengambil dari jumlah seluruh populasi yang berjumlah 38 anak. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan instrument penilaian berupa lembar observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t (paired simple t-test) dengan bantuan SPSS 26 for windows. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara media teka-teki bergambar terhadap kemampuan keaksaraan anak kelompok B di TK Muslimat NU 12 Mambaul Ulum Bedanten Gresik. Data menunjukkan diperoleh hasil nilai probilitas berpengaruh signifikan 0,00 < α = 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Serta hasil pengujian hipotesis nilai pre test dan post test berbeda dengan rata-rata (mean) pada post test sebesar 21,08 lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata pre test sebesar 16,58 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ni'mah, Ziadatunzianikma4@gmail.comD99218077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTamwifi, Irfanir.tamwifi@gmail.com2002017001
Subjects: Motivasi Belajar
Keywords: Media Teka-Teki Bergambar; Kemampuan Keaksaraan AUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Ziadatun Ni'mah
Date Deposited: 19 Oct 2022 07:14
Last Modified: 19 Oct 2022 07:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54800

Actions (login required)

View Item View Item