Dimorfisme dan status fase reproduksi pada biawak air (Varanus salvator bivittatus (kuhl, 1820)) yang diambil dari pengepul di wilayah Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aliffudin, Mochammad Firdaus (2022) Dimorfisme dan status fase reproduksi pada biawak air (Varanus salvator bivittatus (kuhl, 1820)) yang diambil dari pengepul di wilayah Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Firdaus Aliffudin_H71216061.pdf

Download (3MB)

Abstract

Biawak air (Varanus salvator) merupakan reptil terbesar kedua dengan wilayah persebaran terluas di dunia. Biawak air sejak lama dimanfaatkan manusia, di mana Indonesia menjadi pengekspor biawak air terbesar di dunia. Pemanfaatan biawak air secara luas belum didukung informasi mengenai reproduksi dasarnya. Penelitian ini bertujuan mengetahui informasi reproduksi dasar dan strategi reproduksi yang dikembangkan biawak air khususnya di wilayah Jawa Timur. Penelitian ini dilakukan di bulan Desember 2019 hingga Februari 2020 dengan mengambil sampel dari tiga kabupaten yaitu Sidoarjo, Lamongan, dan Jombang. Sampel yang digunakan sebanyak tujuh individu tiap bulan dari tiap lokasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa pengamatan visual morfologi dan anatomi dari biawak air dengan melakukan beberapa pengukuran pada karakter yang ditentukan. Hasil pengamatan dan pengukuran tiap karakter kemudian digunakan untuk menentukan strategi reproduksi biawak air. Hasil penelitian ini biawak air jantan memasuki usia dewasa pada ukuran SVL 43 cm dan betina 51 cm. Biawak air aktif bereproduksi pada setiap bulan pengamatan dan meningkat sejalan dengan masuknya puncak musim penghujan. Biawak air betina menghasilkan multiple clutch, dengan telur berjumlah 10-18 butir tiap periode bersarang, dan panjang telur berkisar 63,92-65,05 mm (rerata 64,67 mm).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aliffudin, Mochammad Firdausfirdausaliffudin1@gmail.comUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHidayati, Irulirulhidayati.alfatawi@gmail.com198102282014032001
Thesis advisorBahri, Saifulsaiful200488@gmail.com2020048801
Subjects: Biologi
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Ekologi
Keywords: Biawak air; reproduksi; strategi reproduksi; Jawa Timur; SVL; clutch
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Mochammad Firdaus Aliffudin
Date Deposited: 24 Oct 2022 03:57
Last Modified: 24 Oct 2022 03:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54821

Actions (login required)

View Item View Item