Kesantunan berbahasa dalam Tuturan Humor Pejabat di Acara Gelar Wicara Mata Najwa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Linda, Intan Ayu (2022) Kesantunan berbahasa dalam Tuturan Humor Pejabat di Acara Gelar Wicara Mata Najwa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Intan Ayu Linda_A04218011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada kesantunan berbahasa dalam tuturan humor oleh pejabat pada acara gelar wicara Mata Najwa. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pematuhan prinsip kesantunan berbahasa dalam tuturan humor pejabat pada acara gelar wicara Mata Najwa dan (2) mendeskripsikan pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa dalam tuturan humor pejabat pada acara gelar wicara Mata Najwa. Teori yang digunakan dalam kajian ini adalah teori kesantunan berbahasa Leech (1993). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif adalah penelitian yang memahami fenomena-fenomena tentang apa saja yang dialami oleh subjek penelitian misalnya tindakan, perilaku, persepsi, dan lain-lain. Sumber data penelitian ini adalah tiga video episode gelar wicara Mata Najwa. Data yang telah dikumpulkan adalah data deskriptif berupa kalimat yang dituturkan pejabat pada acara gelar wicara Mata Najwa. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Pematuhan prinsip kesantunan berbahasa dalam tuturan humor pejabat pada acara gelar wicara Mata Najwa terdiri dari 7 maksim kebijaksanaan, 1 maksim kedermawanan, 7 maksim pujian, 3 maksim kerendahan hati, 3 maksim kesepakatan, dan 4 maksim kesimpatian. (2) Pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa dalam tuturan humor pejabat pada acara gelar wicara Mata Najwa terdiri dari 9 maksim kebijaksanaan, 1 maksim kedermawanan, 14 maksim pujian, 2 maksim kerendahan hati, dan 2 maksim kesimpatian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Linda, Intan Ayuintanayulinda045@gmail.comA04218011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRumilah, Sitist.rumilah@gmail.com2012077601
Thesis advisorSeptiyani, Rizki Endirizkiendisept@uinsby.ac.id2021098805
Subjects: Bahasa Indonesia
Humor
Keywords: Mata Najwa; Pragmatic; Language politeness; Humor
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Intan Ayu Linda
Date Deposited: 19 Oct 2022 05:16
Last Modified: 19 Oct 2022 05:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54826

Actions (login required)

View Item View Item