Terapi Taqarrub Ila Allah bagi Resiliensi penderita stres di Pondok 99 Kemlagi Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulida, Jazilah Putri (2022) Terapi Taqarrub Ila Allah bagi Resiliensi penderita stres di Pondok 99 Kemlagi Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jazilah Putri Maulida_E97218070.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tiap manusia pasti pernah mengalami stres dan jika dibiarkan maka akan berdampak negatif bagi kehidupannya. Salah satu pengobatan yang bisa dilakukan yakni melalui terapi Taqarrub ila Allah. Disamping itu, di dalam diri tiap individu sebenarnya sudah ada kemampuan resiliensi yang bisa membantu dirinya untuk melewati kondisi stres tersebut. Problem akademik penelitian ini dirumuskan pada: 1) Bagaimana gambaran pasien penderita stres di Pondok 99 Kemlagi Mojokerto?. 2) Bagaimana pelaksanaan terapi Taqarrub ila Allah bagi resiliensi penderita stres di Pondok 99 Kemlagi Mojokerto?. 3) Apa dampak terapi Taqarrub ila Allah bagi resiliensi penderita stres di Pondok 99 Kemlagi Mojokerto?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak terapi Taqarrub ila Allah bagi resiliensi penderita stres di Pondok 99 Kemlagi Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian mixed methods dengan jenis studi kasus. Hasil dari penelitian ini yaitu terapi Taqarrub ila Allah di Pondok 99 Kemlagi ini dilakukan sebagai kegiatan rutinan bagi para santri. Terapi Taqarrub ila Allah sendiri tersusun dari kegiatan shalat lima waktu secara berjamaah, membaca al-Qur’an sesudah shalat subuh dan shalat maghrib, serta pembacaan zikir pagi dan zikir petang. Kegiatan terapi Taqarrub ila Allah bagi resiliensi penderita stres berdasarkan hasil penelitian mampu berjalan dengan baik di Pondok 99 Kemlagi karena terdapat penurunan skor tingkat stres santri setelah pelaksanaan terapi. Selain itu, banyaknya para santri yang bisa sembuh dari stres dan mampu hidup bersosial dengan baik di lingkungannya bisa menjadi bukti bahwa kegiatan terapi Taqarrub ila Allah berhasil dijalankan dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulida, Jazilah Putrie97218070@uinsby.ac.idE97218070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhodijah, Khodijahuchykhadijah@yahoo.com2010116601
Subjects: Pesantren
Psikoterapi > Psikoterapi Islam
Terapi
Keywords: Taqarrub ila Allah; Penderita Stres; Resiliensi; Pondok 99 Kemlagi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Jazilah Putri Maulida
Date Deposited: 31 Oct 2022 01:30
Last Modified: 31 Oct 2022 01:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54827

Actions (login required)

View Item View Item