Eksistensi ritual Mujahadah terhadap pengalaman keagamaan remaja: studi pada remaja pengamal Wahidiyah Sidoarjo sebagai upaya membangun kesehatan spiritual

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanim, Lisa (2022) Eksistensi ritual Mujahadah terhadap pengalaman keagamaan remaja: studi pada remaja pengamal Wahidiyah Sidoarjo sebagai upaya membangun kesehatan spiritual. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lisa Hanim_E72218042.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengalaman keagamaan merupakan respon seseorang ketika atau sesudah mengamalkan ajaran dan ritual dalam agama yang melibatkan kepada perasaan jiwa. Seperti halnya sholat, puasa, serta doa-doa atau disebut sebagai hubungan batin yang terjalin antara manusia dengan Tuhan-nya. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui dan menjelaskan eksistensi ritual mujahadah terhadap pengalaman keagamaan yang meliputi; pelaksanaan kegiatannya, apakah dapat memberikan kontribusi spiritual bagi remaja, mengubah pola perilaku remaja menjadi lebih baik, serta untuk mengetahui upaya membangun kesehatan spiritual melalui pengalaman keagamaan dari mujahadah pada remaja wahidiyah. Topik ini dipilih karena melihat fenomena remaja yang banyak mengalami tantangan dalam proses beragamanya hingga mengalami krisis moral dan bahkan mengabaikan ajaran, nilai, serta norma agama, namun mampu berubah menjadi pribadi yang jauh berbeda dengan rutin mujahadah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif menggunakan pendekatan penelitian psikologi agama dengan berdasarkan sumber data yang diperoleh dari hasil wawancara dan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti kepada remaja pengamal wahidiyah Sidoarjo dan dokumentasi. Selanjutnya dalam penelitian ini penulis menggunakan teori oleh William James tentang pengalaman keagamaan untuk menganalisis seputar data-data temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ritual mujahadah yang dilakukan berperan besar terhadap pengalaman keagamaan yang dialami oleh para remaja wahidiyah Sidoarjo. Meskipun pengalaman yang dirasakan berbeda dan bermacam-macam, namun mampu menjadi titik balik dalam hidup masing-masing remaja. Pelaksanaan mujahadah dilakukan secara rutin setiap hari oleh masing-masing remaja wahidiyah mulai dari mujahadah yaumiyah maupun juga ditambah dengan mujahadah khusus. Dengan mengamalkan mujahadah menjadikan remaja senantiasa menerapkan prinsip lillah, dapat mewujudkan kepada sikap-sikap atau akhlak yang baik, menjunjung tinggi nilai-nilai etika, memperkuat iman dan lebih yakin atas kuasa Allah SWT, mengalami transisi atau perubahan diri mulai dari pola perilaku, akidah, akhlaq, dan juga kebiasaan yang lebih baik, pembaharuan moralitas, serta peningkatan ibadah menjadi lebih rajin dari sebelumnya serta menjadi sarana hijrah dan sebagai aktivitas spiritual bagi remaja wahidiyah di era yang modern ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanim, Lisalisahanim23@gmail.comE72218042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetiyani, Wiwikwiwiksetiyani@uinsby.ac.id2007127104
Subjects: Psikologi
Remaja
Spiritualisme
Keywords: mujahadah; pengalaman keagamaan; kesehatan spiritual; remaja.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: lisa hanim
Date Deposited: 31 Oct 2022 01:34
Last Modified: 31 Oct 2022 01:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54850

Actions (login required)

View Item View Item