Klasifikasi emosi tokoh utama dalam Cerpen Metafora Padma Karya Bernard Batubara : psikologi sastra David Krech

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masita, Alrisa Nur Dewi (2022) Klasifikasi emosi tokoh utama dalam Cerpen Metafora Padma Karya Bernard Batubara : psikologi sastra David Krech. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alrisa Nur Dewi Masita_A04218002.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada aspek psikologis pada kumpulan cerpen Metafora Padma. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan struktur cerpen Metafora Padma yang berkaitan dengan tokoh dan penokohan serta mendeskripsikan kategorisasi emosi pada tokoh dalam kumpulan cerpen Metafora Padma.Teori yang digunakan dalam kajian ini adalah teori pendekatan psikologi sastra dengan memanfaatkan teori klasifikasi emosi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian yang digunakan yakni menggunakan teknik kepustakaan, simak, dan catat. Sumber data dalam penelitian ini adalah kumpulan cerpen Metafora Padma karya Bernard Batubara tahun 2016. Hasil dari penelitian ini mendeskripsikan adanya temuan yang sesuai dengan klasifikasi emosi Krech yang meliputi (1) emosi dasar atau primary emotions: 2 rasa takut, 6 rasa senang, 3 rasa marah, 8 rasa pilu. (2) emosi yang berhubungan dengan reaksi sensorik: 5 rasa sakit, tidak ditemukannya data yang menujukkan rasa jijik pada kumpulan cerpen ini, dan 4 rasa kenikmatan. (3) emosi yang berhubungan pada penilaian diri sendiri: 4 rasa keberhasilan dan kegagalan, 5 rasa bangga dan malu, 8 rasa bersalah dan menyesal. (4) emosi yang berhubungan dengan orang lain: 12 rasa cinta, dan 1 rasa benci. Dari beberapa data yang ditemukan, akhirnya dapat ditarik kesimpulan bahwa secara keseluruhan aspek emosi yang paling dominan dan sering muncul pada tokoh dalam Metafora Padma ini adalah rasa cinta terhadap seseorang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masita, Alrisa Nur Dewialrisandm@gmail.comA04218002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbdullah, Asep Abbasasepabdullah@uinsby.ac.id2029076301
Thesis advisorAtikurrahman, Mohatiqurrahmann@uinsby.ac.id2007108504
Subjects: Psikologi
Sastra
Keywords: Metafora Padma; klasifikasi emosi; David Krech; psikologi sastra
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Alrisa Nur Dewi
Date Deposited: 25 Oct 2022 02:10
Last Modified: 25 Oct 2022 02:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54871

Actions (login required)

View Item View Item