Analisis Maqashid Al Shariah terhadap praktik kepala KUA Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo dalam menerapkan pernikahan Tawkil Wali bi al kitabah pada kasus wali berada di jarak mafasatul qasri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fikhriyah, Roidatul (2022) Analisis Maqashid Al Shariah terhadap praktik kepala KUA Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo dalam menerapkan pernikahan Tawkil Wali bi al kitabah pada kasus wali berada di jarak mafasatul qasri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Roidatul Fikhriyah_C01218029 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan (field research) dengan judul “Analisis Maqaşid Al-Shari’ah Terhadap Praktik Kepala KUA Kecamatan Taman Kebupaten Sidoarjo Dalam Menerapkan Pernikahan Tawkil Wali Bi-Al- Kitabah Pada Kasus Wali Berada Di Jarak Masafatul Qaşri (Studi Kasus KUA Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo).” Skripsi ini ditulis untuk menjawab pertanyaan dalam rumusan masalah; 1. Bagaimana praktik kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Taman dalam penerapan pernikahan tawkil wali bi-al- kitabah pada kasus wali berada di jarak masafatul qaşri? 2. Bagaimana analisis maqaşid al-shari’ah terhadap praktik kepala KUA Taman Sidoarjo dalam menerapkan pernikahan tawkil wali bi-al-kitabah pada kasus wali berada di jarak masafatul qaşri? Data penelitian dikumpulkan dengan melakukan teknik wawancara kepada pihak KUA dan calon pengantin Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Selain itu, menggunakan teknik dokumentasi bertujuan untuk mendapatkan sumber dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Teknik analisis dengan menggunakan deskriptif deduktif yang selanjutnya disusun secara sistematis, sehingga menjadi data sesuai fakta lapangan kebijakan kepala KUA terhadap penerapan pernikahan tawkil wali bi-al-kitabah wali berada di jarak masafatul qaşri yang dilangsungkan di KUA Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Selanjutnya dianalisis pada perspektif maqaşid al-shari’ah. Hasil penelitian praktik Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo terkait pernikahan tawkil wali bi-al-kitabah wali berada di jarak masafatul qaşri dapat disimpulkan: pertama, praktik Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo mempraktikan pernikahan tawkil wali bi-al-kitabah pada kasus wali berada di jarak masafatul qaşri sesuai dalam ketentuan PMA No 20 Tahun 2019 serta dalam surat edaran tentang tawkil wali bi-al-kitabah Nomor B-039/DJ.III.II/HK.00.7/1/2019. Kedua, praktik penerapan pernikahan tawkil wali bi-al-kitabah di KUA Kecamatan Kabupaten Sidoarjo sesuai dengan maqaşid al-shari’ah. Dianalisis dari segi maqaşid al- shari’ah sudah sesuai karena mewujudkan kemaslahatan umat manusia dilihat dari tingkat kepentingannya menjunjung tinggi dalam memelihara agama (hifz al-din), memelihara jiwa (hifz an-nafs), memelihara akal (hifz al-aql), memelihara keturunan (hifz an-nasl), serta memelihara harta (hifz al-mal). Terakhir, saran untuk KUA Taman agar memberikan sosialisasi kepada masyarakat pentingnya peranan wali dalam perwalian agar memahami prosedur pelaksanaan pernikahan tawkil wali bi-al-kitabah bagi wali yang berhalangan hadir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fikhriyah, RoidatulFikhriyahroidatul@gmail.comC01218029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahman, Holilurelrahman10@gmail.com2002108702
Subjects: Perkawinan
Keywords: Maqasid al shariah; pernikahan tawkil wali bi al kitabah masafatul qasri
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Roidatul fikhriyah
Date Deposited: 13 Sep 2022 07:06
Last Modified: 13 Sep 2022 07:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54887

Actions (login required)

View Item View Item