Pesan dakwah KH. Marzuki Mustamar di channel Youtube Ponpesgasektv

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firmansyah, Mochammad (2022) Pesan dakwah KH. Marzuki Mustamar di channel Youtube Ponpesgasektv. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Firmansyah_B01217038 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pesan Dakwah KH. Marzuki Mustamar di Channel Youtube PonpesgasekTV”. Masalah yang menjadi fokus kajian di dalam penelitian ini adalah tentang isi pesan dakwah yang disampaikan oleh KH. Marzuki Mustamar di channel youtube PonpesgasekTV diantara videonya berjudul prinsip Hidup Gus Dur dan Tujuh Golongan Manusia yang memperoleh Naungan Allah di Hari Kiamat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian kualitatif deskriptif, yang mana pada hasil akhirnya menekankan kepada makna, penalaran definisi atau situasi tertentu. Sedangkan jenis penelitian ini merupakan penelitian analisis isi menurut Kippendorff, dimana analisis ini digunakan untuk menganalisi suatu media. Hasil penelitian yang telah dilakukan penulis menyimpulkan bahwa pesan dakwah yang disampaikan oleh KH. Marzuki Mustamar dalam Channel Youtube PonpesgasekTV mengandung tiga jenis pesan dakwah yaitu pesan akidah berisi tentang keyakinan terhadap Allah dan beriman kepada kitab Allah, Selanjutnya pesan dakwah syariah yaitu berisi tentang aturan tidak diperbolehkan untuk berbuat zina dan hukum bersedekah, pesan akhlak yang berisi ajaran tentang sifat itsar, sifat zuhud serta ikhlas dan tidak riya’.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firmansyah, Mochammadsyafir1998@gmail.comB01217038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Moh. Alimalzis@yahoo.com2009065701
Subjects: Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Analisis isi; channel Youtube; pesan dakwah; KH. Marzuki Mustamar; PonpesgasekTV
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Firman Firman
Date Deposited: 22 Jul 2022 02:32
Last Modified: 22 Jul 2022 02:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54893

Actions (login required)

View Item View Item