Efek kombinasi Zat Pengatur Tumbuh(ZPT) alami dan konsentrasi Pupuk Organik Cair (POC) kulit pisang kepok (Musa paradisiaca L.) terhadap pertumbuhan stek tanaman Kumis Kucing (Orthosiphon stamineus Benth.).

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ivaningtias, Yusnita Eka (2022) Efek kombinasi Zat Pengatur Tumbuh(ZPT) alami dan konsentrasi Pupuk Organik Cair (POC) kulit pisang kepok (Musa paradisiaca L.) terhadap pertumbuhan stek tanaman Kumis Kucing (Orthosiphon stamineus Benth.). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yusnita Eka Ivaningtias_ H71218035.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tanaman kumis kucing (Orthosiphon stamineus Benth.) merupakan tanaman obat yang memiliki peran terhadap pengobatan tradisional sebagai bahan obat alternatif dapat menyembuhkan berbagai penyakit di lingkungan masyarakat sehingga nilai produksi sangat dibutuhkan dari berbagai kalangan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kombinasi ZPT (ekstrak tauge dan air cucian beras) dan konsentrasi POC dari kulit pisang kepok terhadap pertumbuhan tanaman kumis kucing (Orthosiphon stamineus Benth.). Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan stek batang melalui proses perendaman ZPT dan penyiraman POC selama 2 hari sekali. Zat pengatur tumbuh yang diaplikasikan melalui perendaman ke dalam stek dari bahan alami ekstrak tauge selama 4 jam, sedangkan bahan alami yang diaplikasikan melalui perendaman ke dalam dari bahan alami air cucian beras elama 6 jam. Penelitian yang dikombinasikan dengan pemberian POC kulit pisang kepok yang disiram setiap 2 hari sekali pada bagian daun stek batang tanaman kumis kucing. Jenis penelitian menggunakan penelitian eksperimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 8 perlakuan dan 3 pengulangan. Berdasarkan data hasil panen selama 2 mst didapatkan hasil paling optimal pada perlakuan H6 yang memberikan pengaruh terbaik pada parameter jumlah daun sebesar 18 helai, jumlah tunas sebesar 15, keliling batang sebesar 2,5 cm, tinggi batang sebesar 20 cm, panjang akar sebanyak 2,5 cm dan jumlah akar sebanyak 25. Adapun hasil analisis statistik yang paling berpengaruh terhadap kombinasi ZPT dan konsentrasi POC terhadap pertumbuhan stek tanaman kumis kucing pada parameter panjang akar didapatkan nilai sig. 0,003.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ivaningtias, Yusnita Ekayusnitaeka28@gmail.comH71218035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTyastirin, Estiesty@uinsby.ac.id2024068702
Subjects: Biologi
Bahan Obat
Pertanian
Keywords: Tanaman Kumis Kucing; Zat Pengatur Tumbuh; Kulit Pisang Kepok; Pertumbuhan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: YUSNITA EKA IVANINGTIAS
Date Deposited: 09 Nov 2022 03:07
Last Modified: 09 Nov 2022 03:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54894

Actions (login required)

View Item View Item