Genealogi tarekat An-Naqsyabandiyah Al-Kholidiyah Wal Qodiriyah di Pondok Pesantren Al-Amien Ambulu, Jember.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulida, Rikza Hanum (2022) Genealogi tarekat An-Naqsyabandiyah Al-Kholidiyah Wal Qodiriyah di Pondok Pesantren Al-Amien Ambulu, Jember. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rikza Hanum Maulida_E97218094.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas Genealogi Tarekat An-Naqsyabandiyah Al-Kholidiyah Wal Qodiriyah di Pondok Pesantren Al-Amien Ambulu Jember. Adapun pokok permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini yaitu sejarah, ajaran dan amalan serta sanad Tarekat An-Naqsyabandiyah Al-Kholidiyah Wal Qodiriyah di Pondok Pesantren Al-Amien, Ambulu Jember. Saat ini banyak orang memandang tarekat itu suatu ajaran yang diadakan diluar agama Islam, sebab maraknya ajaran dan tradisi tarekat yang dicampuradukkan dengan ajaran yang menyeleweng dari agama. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ajaran dan amalan pada Tarekat An-Naqsyabandiyah Al-Kholidiyah Wal Qodiriyah di Pondok Pesantren Al-Amien Ambulu Jember yang berkembang dengan dibuktikan adanya cabang dari Tarekat An-Naqsyabandiyah Al-Kholidiyah Wal Qodiriyah di setiap desa. Karena dalam tarekat sendiri memang ada pengklasifikasian antara tarekat muktabarah dan ghairu muktabarah, untuk mengetahui muktabarah dan ghairu muktabarah dalam sebuah tarekat dapat dilihat dari genealoginya. Genealogi merupakan penelusuran jalur sanad dari tarekat tersebut melalui unsur-unsur tarekat yang terdiri dari mursyid yang bersambung sampai Rasulullah, murid, tempat latihan, kitab-kitab dan sistem dzikirinya. Bentuk upacara keagamaan berupa baiat, ijazahan, latihan-latihan, amalan dan talqin. Dalam menjawab permasalahan tersebut penelitian ini menggunakan metode kualitatif atau penelitian lapangan dan bersifat deskriptif, adapun metode pengumpulan data menekankan pada studi kepustakaan yang berkaitan dengan subjek penelitian dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ajaran Tarekat An-Naqsyabandiyah Al-Kholidiyah Wal Qodiryah Pondok Pesantren Al-Amien Ambulu Jember memiliki sanad yang bersambung sampai Rasulullah dan artinya boleh diikuti oleh masyarakat luas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulida, Rikza Hanumrikzahanumm@gmail.comE97218094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHodri, Hodrihodria@yahoo.com2017117001
Subjects: Tasawuf
Spiritualisme
Keywords: Genealogi; Tarekat; Pondok Pesantren Al-Amien
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Rikza Hanum Maulida
Date Deposited: 09 Nov 2022 02:36
Last Modified: 09 Nov 2022 02:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54896

Actions (login required)

View Item View Item