Pandangan ustaz salafi Wahabi di Indonesia tentang berwisata ke situs bersejarah perspektif analisis wacana kritis Teun A. Van Dijk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholikhah, Mar'atus (2022) Pandangan ustaz salafi Wahabi di Indonesia tentang berwisata ke situs bersejarah perspektif analisis wacana kritis Teun A. Van Dijk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mar'atus Sholikhah_E91218080 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji mengenai pandangan-pandangan kelompok Salafi tentang berwisata ke situs bersejarah berupa candi yang akan dianalisis menggunakan analisis wacana kritis model Teun A. Van Dijk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berbasis studi kepustakaan. Teun A. Van Dijk yang menganalisis wacana menjadi tiga dimensi, yaitu: teks, kognisi sosial dan konteks sosial. Skripsi ini menemukan bahwa: Pertama, kelompok Salafi di Indonesia memandang bahwa berwisata ke tempat bersejarah berbentuk candi adalah hal yang terlarang, bahkan haram. Kedua, dalam segi teks, pandangan-pandangan kelompok Salafi mengenai berwisata ke tempat bersejarah berbentuk candi diungkapkan demi memurnikan tauhid umat Islam dari kesyirikan. Pemilihan kata dan ekspresi serius membuat penjelasan yang mereka sampaikan adalah hal yang harus ditaati. Dalam segi kognisi sosial cara kelompok Salafi memahami dalil-dalil yang tekstualis memiliki efek terhadap konstruksi pemikiran mereka. Perasaan eksklusif menjadikan mereka intoleran dan menolak memiliki kerjasama antar umat beragama, sehingga diproduksilah wacana yang menjadikan candi-candi sebagai tempat terlarang untuk dikunjungi umat Islam. Dalam segi konteks sosial, tiga tokoh Salafi yang telah disebutkan sebelumnya adalah tokoh-tokoh agama yang telah mengantongi kepercayaan masyarakat luas karena dinilai memiliki otoritas untuk mengeluarkan fatwa-fatwa keagamaan. Meskipun banyak masyarakat Indonesia yang memberikan respon positif, namun respon negatif juga banyak mereka dapatkan dari pandangan mereka terhadap berwisata ke candi-candi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholikhah, Mar'atusmaratussholikhah2000@gmail.comE91218080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlamsyah, Anas Aminanas.amin.alamsyah@gmail.com2029047001
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Salafi
Keywords: Salafi; berwisata; tempat bersejarah; candi; analisis wacana kritis
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Mar'atus Sholikhah
Date Deposited: 12 Sep 2022 09:01
Last Modified: 12 Sep 2022 09:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54897

Actions (login required)

View Item View Item