Peningkatan mutu pendidikan Program Diniyah dan Tahfidzul Quran pada sekolah formal: studi kasus di SMP Islam Plus Al Azhar Kota Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Ghifari, Hakam Jamaluddin (2022) Peningkatan mutu pendidikan Program Diniyah dan Tahfidzul Quran pada sekolah formal: studi kasus di SMP Islam Plus Al Azhar Kota Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hakam Jamaluddin Al Ghifari_D93216077 ok.pdf

Download (24MB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat judul Peningkatan Mutu Pendidikan Program Diniyah dan Tahfidzul Qur'an pada Sekolah Formal (studi kasus di SMP Islam Plus Al-Azhar Mojokerto). Hal ini didorong oleh pengamat yang mengetahui salah satu pendidikan Diniyah Formal yang memiliki jumlah santri peminat yang sangat banyak. Analis ini menunjuk untuk menggambarkan bagaimana peningkatan mutu pendidikan pada program Diniyah formal Al-Azhar, menggambarkan kualitas Diniyah Formal Al-Azhar, dan menggambarkan bagaimana perkembangan program Diniyah ini berproses. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat studi kasus. Subjek penelitian ini adalah Kepala Madrasah Diniyah, koordinator Madrasah Diniyah, dan peserta Madrasah diniyah. Objek penelitian ini berfokus pada peningkatan mutu pendidikan Madrasah Diniyah formal di SMP Islam Plus Al-Azhar. Data-data informasi yang diperoleh melalui persepsi, wawancara, dan dokumentasi. Munculnya hasil penelitian ini adalah: (1) Bagian kepala Madrasah Pengajaran Diniyah Formal Al-Azhar sama dengan bagian kepala Madrasah sebagai otoritas Madrasah formal pada umumnya. Dalam melaksanakan tugas menyusun visi, misi dan tujuan, menyusun struktur organisasi, menyusun rencana kerja, menyusun arahan sekolah, dan membuat kerangka data administrasi vital Madrasah, mencakup seluruh komponen di lingkungan sekolah, mulai dari wakil kepala hingga staf TU. Dalam menjalankan kewajiban kepala madrasah tidak bisa lepas dari aturan-aturan pondok pesantren. (2) Kualitas Madrasah Diniyah Al-Azhar dapat dilihat dari sumber daya manusia yang kompeten di bidangnya, program pendidikan dan pembelajaran, dan lulusan santri. (3) kemajuan kepala Madrasah dalam meningkatkan kualitas Madrasah Diniyah Al-Azhar dalam bidang aset manusia, dan strategi pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Ghifari, Hakam Jamaluddinhkmgfri@gmail.comD93216077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMa'arif, Samsulsamsulmaarif@uinsbya.ac.id2007046401
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Subjects: Manajemen
Pendidikan
Manajemen dan organisasi sekolah
Keywords: Peningkatan mutu pendidikan; program diniyah; program Tahfidzul Quran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Hakam Jamaluddin Al Ghifari
Date Deposited: 09 Sep 2022 08:35
Last Modified: 09 Sep 2022 08:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54900

Actions (login required)

View Item View Item