Pengaruh kesehatan mental terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik mata pelajaran PAI di SMALB Negeri Gedangan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Samudra, Hawa Dewi (2022) Pengaruh kesehatan mental terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik mata pelajaran PAI di SMALB Negeri Gedangan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel surabaya.

[img] Text
Hawa Dewi Samudra_D01218022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keberadaan kesehatan mental menjadi salah satu pengaruh yang memiliki peran yang cukup besar dalam motivasi dan hasil belajar peserta didik. Kesehatan mental yang baik menghasilkan motivasi yang tinggi, kesehatan mental yang baik juga akan memberikan hasil belajar yang memuaskan. Melihat kesehatan mental memiliki pengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar maka setiap peserta didik memerlukan tindakan-tindakan yang akan meningkatkan kesehatan mentalnya. Sehingga menilai kondisi kesehatan mental, motivasi belajar dan hasil belajar perlu dilakukan agar dapat meningkatkan tindakan preventif bagi peserta didik akan hal tersebut.Fungsi diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesehatan mental terhadap motivasi dan hasil belajar anak berkebutuhan khusus pada mata pelajaran PAI. Selain itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuka peluang bagi peserta didik berkebutuhan khusus untuk tidak di labelisasi sebagai anak-anak aneh. Dalam penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal dan deskriptif ini menjelaskan bagaimana pengaruh kesehatan mental terhadap motivasi dan hasil belajar pada kelas X-B,X-C,XI-A,XI-B dan XI-C di SMALB Negeri Gedangan dengan menggunakan angket dan hasil belajar sebagai metode pengumpulan data. Untuk menguji data tersebut yang berjumlah tiga variabel digunakanlah regresi linier dan uji MANOVA sebagai teknik analisis data dan ditemukan 0,610 untuk motivasi belajar dan -0,099 pada hasil belajar untuk analisis regresi linier dan 0,038 pada perhitungan pillai trace uji MANOVA.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Samudra, Hawa Dewihawadewisamudraaa@gmail.comD01218022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNiam, Khoirun--2025077001
Thesis advisorZaini, Achmadzainiazami@yahoo.com2012057001
Subjects: Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Kesehatan Mental; Motivasi; Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hawa Dewi Samudra
Date Deposited: 05 Nov 2022 12:24
Last Modified: 05 Nov 2022 12:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54905

Actions (login required)

View Item View Item