Pengaruh metode ABA (Applied Behavior Analysis) terhadap kemandirian anak autis di taman kanak-kanak Dharma Wanita Persatuan Randuagung Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Emma Firda (2022) Pengaruh metode ABA (Applied Behavior Analysis) terhadap kemandirian anak autis di taman kanak-kanak Dharma Wanita Persatuan Randuagung Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Emma Firda Rahmawati _D99218055 OK.pdf

Download (437kB)
[img] Text
Emma Firda Rahmawati _D99218055 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 May 2027.

Download (5MB)

Abstract

Anak-anak penyandang autis akan mengalami kesusahan dalam berkomunikasi dua arah sebab mereka memiliki gangguan di aspek bahasa, komunikasi, dan interaksi sosial. Sehingga anak autis tersebut tidak memiliki kemampuan untuk bersosialisasi dengan baik dengan lingkungan sekitarnya. Maka dari itu anak autis membutuhkan bantuan untuk mengembangkan seluruh aspek perkembangan dalam dirinya. Kemandirian menjadi salah satu keterampilan dasar yang perlu diperhatikan . Dalam kasus anak yang menderita autis, mengajarkan aspek kemandirian seperti itu tidak semudah ketika mengajarkan ke anak yang lain. Salah satu kemampuan yang penting untuk dikuasi oleh anak berkebutuhan khusus adalah kemandirian. Usaha yang bisa diberikan kepada siswa berkebutuhan khusus sehingga memiliki kemampuan kemandirian adalah pengadaan program kemandirian oleh pihak sekolah. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui Peraturan tahun 2014 nomor 157 mengenai Kurikulum Pendidikan Khusus menyatakan bahwa siswa dengan kebutuhan khusus ditegaskan untuk meminimalisir hambatan dan mengoptimalkan keterampilan. Dengan begitu maka keterampilan siswa berkebutuhan khusus bisa dikembangkan dengan baik serta mampu untuk melaksanakan pekerjaan yang berhubungan dengan mengurus serta merawat dirinya sendiri. Penelitian ini dilakukan di Sekolah TK Dharma Wanita Persatuan Randuagung, telah memberikan layanan pembelajaran kemandirian kepada anak yang berkebutuhan khusus yaitu anak autis dengan menerapkan metode ABA. Peneliti dapat melihat kemajuan dalam kemampuan kemandirian anak autis dengan metode yang diterapkan yaitu metode ABA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari pengaruh metode ABA terhadap kemandirian anak autis di TK DWP Randuagung Gresik. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode yang digunakan expost facto. Populasi penelitian adalah guru, pengawas, dan anak autis TK Dharma Wanita Persatuan Randuagung. Teknik pengambilan sampel adalah semua populasi. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner metode ABA dan kemandirian anak autis kepada guru dan pengawas. Penelitian ini memberikan sedikit pengaruh metode ABA terhadap kemandirian anak autis dengan dilakukan uji hipotesis yang hasilnya Pengaruh ABA (Applied Behavior Analysis) tidak berpengaruh terhadap Kemandirian di Sekolah TK DWP Randuagung Gresik diterima. Dasar pengambilan keputusannya adalah uji SPSS24 dengan analisis regresi sederhana didapatkan t hitung lebih kecil dari t tabel (-1,186 < -2,048) dan r hitung lebih kecil daripada r table (0,219<0,361). Sehingga tidak ada adanya pengaruh metode ABA terhadap kemandirian anak autis atau hipotesis ditolak. Namun, besarnya pengaruh yang diberikan oleh metode ABA terhadap kemandirian anak autis di TK DWP Randuagung adalah sebesar 4% dan 96% dipengaruhi oleh faktor lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Emma Firdaemmafirdarahmawati@gmail.comD99218055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoiyaroh, Mukhoiyarohyaroh354@gmail.com2009047302
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Subjects: Pendidikan > Anak
Keywords: Metode ABA; kemandirian dan anak autis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Emma Firda Rahmawati
Date Deposited: 20 May 2024 07:44
Last Modified: 20 May 2024 08:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54919

Actions (login required)

View Item View Item