Internalisasi nilai-nilai kesadaran lingkungan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi Thaharah di SMPN 1 Babat Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mulyatin, Ika Zeni (2022) Internalisasi nilai-nilai kesadaran lingkungan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi Thaharah di SMPN 1 Babat Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ika Zeni Mulyatin_D71218073 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ika Zeni Mulyatin_D71218073 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 September 2027.

Download (2MB)

Abstract

Kesadaran lingkungan masih menjadi problem yang perlu diperhatikan di lembaga pendidikan. Realitanya, internalisasi nilai-nilai kesadaran lingkungan yang dilakukan melalui program Adiwiyata belum cukup untuk meningkatkan kesadaran lingkungan peserta didik dalam kesehariannya. Untuk itu, perlunya melakukan internalisasi nilai-nilai kesadaran lingkungan ke dalam proses pembelajaran di seluruh mata pelajaran tanpa terkecuali, salah satunya melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana internalisasi nilai-nilai kesadaran lingkungan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam materi thaharah kelas VII di SMPN 1 Babat Lamongan. Tingkat kesadaran lingkungan peserta didik yang masih rendah mengharuskan untuk melakukan internalisasi nilai-nilai kesadaran lingkungan. Selama ini, peserta didik hanya mengenal pendidikan lingkungan dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam. Oleh karena itu, guru PAI di SMP Negeri 1 Babat Lamongan melakukan internalisasi nilai-nilai kesadaran lingkungan dalam proses pembelajaran PAI. Hal ini yang melatarbelakangi peneliti melakukan penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang dipadukan dengan studi lapangan dan menggunakan triangulasi untuk menguji keabsahan data. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara induktif dengan teknik analisis Milles & Huberman yang bersifat interaktif melalui langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan konklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai kesadaran lingkungan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam materi Thaharah kelas VII dilakukan dengan menerapkan metode kontekstual melalui proses transformasi nilai, transaksi nilai, dan transinternalisasi nilai. Tujuannya, agar dapat menginternalisasikan nilai-nilai religius, tanggung jawab, peduli lingkungan, disiplin, dan solidaritas. Bentuk-bentuk internalisasi nilai-nilai kesadaran lingkungan dilakukan dalam bentuk verbal, keteladanan, pembiasaan, dan visual. Hasil internalisasi nilai-nilai kesadaran lingkungan dinilai sudah berhasil, dibuktikan dengan banyak perubahan dari perilaku siswa yang lebih baik. Adapun faktor pendukung internalisasi nilai-nilai tersebut berasal dari kemampuan akademik siswa, sarana dan prasarana yang memadai, serta kegiatan peningkatan karakter cinta lingkungan. Sedangkan, faktor penghambatnya bersumber dari kurangnya jam pelajaran, faktor internal kepribadian siswa, serta kurangnya kesadaran orang tua dan guru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mulyatin, Ika Zeniikazenimulyatin827@gmail.comD71218073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThobroni, Ahmad Yusamayusamth71@gmail.com2022077101
Thesis advisorSutikno, Sutiknonohsutik@yahoo.co.id2006086803
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Keywords: Internalisasi Nilai; Kesadaran Lingkungan; Pembelajaran PAI; Thaharah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ika Zeni Mulyatin
Date Deposited: 10 Sep 2024 14:23
Last Modified: 10 Sep 2024 14:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54960

Actions (login required)

View Item View Item