Penerapan aspek perkembangan motorik halus anak pada pembelajaran melipat secara daring di Kelompok A TK Pertiwi 1 Diwek Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidah, Nadzifatul Laily (2022) Penerapan aspek perkembangan motorik halus anak pada pembelajaran melipat secara daring di Kelompok A TK Pertiwi 1 Diwek Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadzifatul Laily Maulidah_D99218062.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang peneliti mengambil penelitian ini adalah semenjak adanya wabah pandemi covid-19 mengharuskan pembelajaran dilaksanakan secara online/daring. Dimana sebelumnya penerapan aspek perkembangan motorik halus anak dilakukan melalui pembelajaran secara tatap muka disekolah sejak adanya pandemi harus dilakukan secara jarak jauh/daring. Tentunya hal tersebut akan berpengaruh terhadap capaian perkembangan aspek motorik halus yang dilalui oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dari penerapan aspek perkembangan motorik halus anak pada pembelajaran melipat secara daring di kelokmpok A TK Pertiwi 1 Diwek Jombang. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui capaian perkembangan aspek motorik halus yang dilalui oleh peserta didik ketika pembelajaran melipat dilaksanakan secara daring/jarak jauh. Metode yang digunakan oleh peneliti dalam melakukan penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan sebuah kesimpulan. Adapun teknik uji validitas datanya menggunakan triangulasi metode dan perpanjangan keikutsertaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan penerapan aspek perkembangan motorik halus anak pada pembelajaran melipat secara daring di kelokmpok A adalah dengan membuat RPPH berisi kegiatan pembelajaran melipat kemudian dilanjutkan dengan guru membuat video pembelajaran dari kegiatan pembelajaran tersebut, terakhir guru menyiapkan lembar kerja berupa tugas melipat dan menempel sebagai tugas peserta didik selama di rumah untuk menstimulasi perkembangan motorik halus peserta didik. Adapun untuk pelaksanaan penerapan aspek perkembangan motorik halus anak pada pembelajaran melipat secara daring di kelokmpok A adalah dilakukan sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat sebelumnya dengan menggunakan media whatsapp. Hasil dari evaluasi penerapan aspek perkembangan motorik halus anak pada pembelajaran melipat secara daring di kelompok A TK Pertiwi 1 sesuai dengan perencanaan yang disiapkan sebelumnya adalah hampir sebagian dari jumlah keseluruhan peserta didik mengalami perkembangan motorik halus secara kurang maksimal hanya terdapat beberapa peserta didik yang kemampuan motorik halusnya berkembang secara maksimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidah, Nadzifatul Lailylailymaulidah99@gmail.comD99218062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Subjects: Anak
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: perkembangan motorik halus; pembelajaran daring
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Nadzifatul Laily Maulidah
Date Deposited: 08 Nov 2022 03:21
Last Modified: 08 Nov 2022 03:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54983

Actions (login required)

View Item View Item