Pengaruh dukungan orang tua terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IV di Mi Roudlotul Banat Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Putri Nur (2022) Pengaruh dukungan orang tua terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IV di Mi Roudlotul Banat Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Nur Aini_D77218053.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya dukungan orang tua kepada anaknya, terlebih lagi orang tua mempunyai waktu yang sedikit dan hanya memprioritaskan waktu kerja dari pada waktu dengan anak. Hal tersebut menunjukkan sebuah kekurangan dari diri anak untuk memiliki semangat yang tinggi dalam belajar, dan menimbulkan rasa ketidakpedulian kepada anak. Hal tersebut membuat peneliti tertarik untuk meneliti permasalahan tersebut sehingga mengangkat judul penelitian pengaruh dukungan orang tua terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IV di MI Roudlotul Banat Bebekan Sidoarjo. Rumusan masalah yang terdapat pada penelitian ini yakni: bagaimana. pengaruh dukungan orang tua terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IV. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dukungan orang tua terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IV.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif deskriptif yang menggunakan metode pendekatan ex-post-facto. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian didapatkan angka yang signifikan terhadap pengaruh dukungan orang tua dan membaca pemahaman pada siswa kelas IV di MI Roudlotul Banat bebekan Sidoarjo. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan angket. Didapatkan nilai dari uji prasayarat dengan menggunakan Uji Homogenitas menunjukkan signifikan data yang bersifat homogen, pada variabel X nilai Sig pada (Based On Mean) yaitu 0,251 kemudian pada variable Y menunjukkan nilai Sig pada (Based On Mean) yaitu 0,299 dari variabel X dan Y tersebut nilai Sig dengan taraf signifikkan 0,05 didasarkan pada pengambilan keputusan jika nilai Sig > 0,05 maka varian data berdistribusi normal. Selanjutnya hasil yang telah diujikan didapatkan hasil dari 6 aspek dukungan sosial orang tua yang meliputi realiable alliance (hubungan yang diandalkan), reassurance of worth (adanya pengakuan), attachment (kedekatan emosional), guidance (bimbingan), social integration (integrasi sosial), opportunity for naturance (kesempatan untuk mengasuh) adalah 36,7 % hasil yang mempengarui dan sisanya 64 % dipengaruhi oleh faktor lain selain 6 aspek tersebut

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Putri NurPutrinurainitriwid01@gmail.comD77218053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthafa, Muhammad Basrimbahrimusthafa@uinsby.com2022077302
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthonmasud@uinsby.ac.id2073091001
Subjects: Orang tua dan Anak
Keywords: Dukungan Orang Tua; Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Kelas IV
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Putri Nur Aini
Date Deposited: 24 Nov 2022 22:22
Last Modified: 24 Nov 2022 22:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55030

Actions (login required)

View Item View Item