Kolaborasi guru dan orang tua dalam mengoptimalkan pembelajaran PAI di SMAN 10 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Makiyah, Zanuba Zuhrotul (2022) Kolaborasi guru dan orang tua dalam mengoptimalkan pembelajaran PAI di SMAN 10 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zanuba Zuhrotul Makiyah_D71218109.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada proses pembelajaran terdapat problematika dan tujuan pembelajaran yang dicapai. Problematika dapat terselesaikan dan tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal apabila guru dan orang tua mampu berkolaborasi dalam melaksanakan perannya masing-masing. Adanya kolaborasi di lingkungan pendidikan merupakan langkah konkret dan sistematis yang berdampak langsung pada peningkatan kualitas pendidikan terutama dalam proses pembelajaran. Pada penelitian ini, kolaborasi dilakukan antara Guru dan Orang tua dalam mengoptomalkan pembelajaran PAI. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan: 1) bentuk kolaborasi guru dan orang tua dalam mengoptimalkan pembelajaran pada mata pelajaran PAI di SMAN 10 Surabaya, 2) strategi guru dalam membangun kolaborasi dengan orang tua, dan 3) dampak kolaborasi guru dan orang tua dalam mengoptimalkan pembelajaran PAI di SMAN 10 Surabaya.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripsi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data lalu penarikan kesimpulan. Adapun sumber data pada penelitian ini, yaitu Guru Pendidikan Agama Islam dan Orang Tua Siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kolaborasi yang dilakukan guru dan orang tua diantaranya: kunjungan ke rumah siswa, diundangnya orang tua ke sekolah, case conference, mengadakan surat menyurat antar sekolah dengan orang tua, adanya daftar nilai raport. 2) Bentuk kolaborasi yang dilakukan di SMAN 10 Surabaya, yakni Guru memberikan pelayanan kepada orang tua siswa dan keterlibatan orang tua pada pembelajaran anak di rumah. 3) Hasil kolaborasi guru dan orang tua dalam mengoptimalkan pembelajaran PAI di SMAN 10 Surabaya, yakni a) terjalinnya silaturahmi guru dan orang tua siswa, b) meringankan beban guru dalam proses pembelajaran, karena dengan adanya penyampaian informasi maka guru dapat melakukan proses pembelajaran yang sesuai dengan peserta didik, c) membentuk karakter peserta didik, d) hasil belajar peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Makiyah, Zanuba Zuhrotulzanubazuhro21@gmail.comD71218109
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRubaidi, Rubaidirubaidi@uinsby.ac.id2010067101
Thesis advisorZuhri, Achmad Muhibinamizuhri@uinsby.ac.id2011077202
Subjects: Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Kolaborasi Guru dan Orang tua; Pembelajaran PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zanuba Zuhrotul
Date Deposited: 08 Nov 2022 04:13
Last Modified: 08 Nov 2022 04:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55031

Actions (login required)

View Item View Item