Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Macromedia Flash 8 pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratama, Yoga (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Macromedia Flash 8 pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yoga Pratama_D74217072 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran yang menarik dan interaktif sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar agar lebih menyenangkan dan membuat peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran, khususnya pada pembelajaran matematika. Oleh karena itu, pada penelitian ini akan dikembangkan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan pada model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan menghasilkan media yang valid, praktis, dan efektif dalam pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray, khususnya pada materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development) Borg and Gall yang hanya sampai tahap ketujuh. Produk yang dihasilkan berupa Macromedia Flash 8 (aplikasi animasi berbasis OS) untuk membuat pembelajaran matematika lebih menarik dan menyenangkan. Hasil media akan dilakukan uji coba pada siswa kelas VIII MTs Nurul Ulum Bantul, Yogyakarta sebanyak 12 siswa. Pengumpulan data dilakukan berdasarkan beberapa teknik yaitu catatan lapangan (field note), wawancara, validasi, angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan proses pengembangan Macromedia Flash 8 dari tahap awal hingga tahap ketujuh, yaitu tahap potensi dan masalah yaitu fasilitas kelas yang memadai tetapi jarang digunakan. Tahap pengumpulan data, materi bangun ruang sisi datar diambil dari buku paket. Tahap desain produk, dimana seluruh tampilan media dibuat. Tahap validasi desain yang mendapatkan hasil sangat valid dari keempat validator. Tahap revisi desain produk, memperbaiki penulisan pada bagian tampilan kompetensi dasar dan bagian tampilan soal. Tahap uji coba produk, melakukan uji coba pada 12 siswa dan memberikan lembar angket siswa. Tahap revisi produk, sedikit revisi seperti penambahan suara media dan beberapa tombol navigasi yang error. Macromedia Flash 8 dinyatakan sangat valid oleh empat validator dengan nilai rata-rata kevalidan sebesar 4,5. Macromedia Flash 8 dinyatakan praktis setelah memenuhi aspek yaitu dapat digunakan dengan sedikit revisi di lapangan dengan nilai B oleh tiga validator dan nilai A oleh satu validator serta hasil persentase respon guru matematika terhadap media setelah diberikan kepada siswa sebesar 91,7% dengan kriteria sangat baik. Macromedia Flash 8 dinyatakan efektif pada hasil belajar siswa dengan hasil persentase ketuntasan siswa sebesar 100% dengan kriteria sangat baik dan hasil persentase respon siswa terhadap media sebesar 96,8% dengan kriteria sangat baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratama, Yogayp65265@gmail.comD74217072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuparto, Supartoparto2469@gmail.com2002046903
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com197411042008012008
Subjects: Matematika
Keywords: Media pembelajaran; Macromedia Flash 8; Two Stay Two Stray
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yoga Pratama
Date Deposited: 13 Sep 2022 07:49
Last Modified: 13 Sep 2022 07:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55064

Actions (login required)

View Item View Item