Analisis faktor - faktor kesuksesan Smart Mobility menggunakan model Delone Mclean dan E-Government Adoption Model

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Haryono, Hernu (2022) Analisis faktor - faktor kesuksesan Smart Mobility menggunakan model Delone Mclean dan E-Government Adoption Model. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hernu Haryono_H76218030 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

E-government adalah upaya pemerintah untuk menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang inovatif untuk pelayanan publik dengan sistem yang mudah diakses dan mengefisiensi waktu serta biaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kesuksesan dan adopsi menggunakan model Delone McLean dan E-government Adoption Model pada implementasi aplikasi Transportasiku Dinas Perhubungan Surabaya. Pendekatan penelitian ini yaitu penelitian kuantiatif dengan menggunakan data primer melalui penyebaran kuesioner. Teknik pengumpulan sampel penelitian ini adalah teknik probability sampling yaitu simple random sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik analisis data menggunakan SEM-PLS. Dalam analisis SEM-PLS melalui tahap outer model dan inner model. Pada outer model terdapat tahap uji validitas konvergen dan diskriminan serta uji reliabilitas. Sementara itu, pada inner model melalui tahap uji r-square, q-square, goodness of fit. Kemudian dilanjutkan tahap uji hipotesis untuk mengetahui signifikansi konstruk. Hasil temuan penelitian ini memaparkan bahwa lima dari delapan hipotesis yang diusulkan diterima, sedangkan tiga lainnya ditolak. Computer Self-Efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap E-government Adoption. Perceived Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap E-government Adoption. Information Quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap Intention to Use. E-government Adoption berpengaruh positif dan signifikan terhadap Net Benefit. Intention to Use berpengaruh positif dan signifikan terhadap Net Benefit. Sementara itu, Perceived Awareness terhadap E-government Adoption, System Quality terhadap Intention to Use, Service Quality terhadap Intention to Use hasilnya tidak signifikan. Berdasarkan hal itu, diharapkan bagi pihak Dinas Perhubungan Surabaya selaku penyedia dan pengelola smart mobility tersebut untuk terus menggencarkan sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat terkait hal itu, lalu bekerjasama dengan pemangku kepentingan lainnya agar aplikasinya berkembang dan dapat perbaikan secara berkala.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Haryono, Hernuhernuharyono@gmail.comH76218030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAmin, Faris Muslihulfaris@uinsby.ac.id2013088801
Thesis advisorUlinnuha, Nurissaidahnuris.ulinnuha@uinsby.ac.id2002119001
Subjects: Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Kesuksesan sitem informasi; smart mobility
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Hernu Hernu Haryono
Date Deposited: 09 Sep 2022 09:23
Last Modified: 09 Sep 2022 09:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55094

Actions (login required)

View Item View Item