Penerapan metode latihan terbimbing untuk meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung pada siswa kelas II-A MI al-muniroh 1 ujungpangkah gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laili, Mifroh Wafi (2022) Penerapan metode latihan terbimbing untuk meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung pada siswa kelas II-A MI al-muniroh 1 ujungpangkah gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mifroh Wafi Laili_D97218096.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang dilakukan penelitian ini adalah karena rendahnya keterampian menulis tegak bersambung siswa kelas II-A MI Al-Muniroh I. Berdasarkan data pra siklus nilai rata-rata yang diperoleh adalah 70,15 dengan presentase 21.50%. Dari 19 anak terdapat 4 siswa yang nilainya tuntas dan sisanya belum tuntas. Oleh karena itu, peneliti menggunakan metode latihan terbimbing sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis tergak bersambung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana penerapan metode latihan terbimbing dalam meningkatkan keterampilan menulis huruf tegak bersambung pada siswa kelas II-A di MI Al-Muniroh 1?. (2) Bagaimana peningkatan keterampilan menulis menggunakan huruf tegak bersambung setelah penerapan metode latihan terbimbing pada siswa kelas II-A MI Al-Muniroh 1?. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model penelitian dari Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan pada tiap siklus, yaitu : (1) Perencanaan (Planning), (2) Tindakan (Acting), (3) Pengamatan (Observing) dan (4) Refleksi (Reflecting). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, penilaian produk (non tes) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode latihan terbimbing telah dilakukan dengan baik. Hal ini dapat diketahui dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 81,45 dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 90,51. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu 70,31 dan peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 86,30. (2) Presentase ketuntasan siswa pada pra siklus hanya 21,05% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 42,6% dan pada siklus II sebesar 84,21%. Jumlah siswa yang tuntas pada pra siklus yakni 4 siswa, pada siklus I ada 9 siswa dan pada siklus II ada 16 siswa yang tuntas. Nilai rata-rata kelas pada pra siklus yaitu 70,15 meningkat pada siklus I yaitu 74,41 dan meningkat menjadi 83,54 pada siklus II. Siklus II sudah mencapai indikator kinerja ≥ 80 dan ≥ 80% sehingga penelitian ini dikatakan berhasil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laili, Mifroh WafiD97218096@uinsby.ac.idD97218096
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2073091001
Thesis advisorpangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Subjects: Bahasa Indonesia
Keterampilan
Menulis
Keywords: Latihan Terbimbing; Peningkatan Keterampilan; Menulis Tegak Bersambung.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mifroh Wafi
Date Deposited: 24 Nov 2022 14:09
Last Modified: 24 Nov 2022 14:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55097

Actions (login required)

View Item View Item