التشبيه و الإستعارة في شعر الكتاب تعليم المتعلم للشيخ الزرنوجي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfitrah, Adinda Fatma (2022) التشبيه و الإستعارة في شعر الكتاب تعليم المتعلم للشيخ الزرنوجي. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adinda Fatma Alfitrah_A71218028.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kitab Ta’lim al-Muta’alim merupakan kitab panduan dalam belajar mengajar yang menjadi sebuah bacaan dan kajian wajib dipesantren-pesantren. Kitab ini merupakan kitab karangan Syeikh al-Zarnurji yang dirangkum bedasarkan dari apa yang beliau lihat, dengar, dan yang telah diajarkan oleh guru-guru beliau.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif dan merupakan penelitian kepustakaan. Adapun pendekatan yang digunakan selama proses penelitian ini ialah pendekatan ilmu bayan khususnya pada hal Tasybih dan Istiaroh.Data-data penelitian ini diambil dari Sya’ir pada kitab Ta’lim al-Muta’alim yang semuanya berjumlah 129 bait. Adapun cara peneliti mengumpulkan data yakni, membaca dan meneliti Sya’ir perbait satu-satu dengan cara mengamati dari segi lafadz arab dan terjemahan bahasa Indonesianya. Hasil dari penelitian ini yakni dapat disimpulkan apabila syi’ir-syi’ir dalam kitab Ta’lim al-Muta’alim ini terkandung banyak bahasa indah. Ditemukan di dalam syi’ir-syi’r pada kitab Ta’lim al-Muta’alim ini yakni 11 kalimat tasybih, dan pembagian jenisnya yakni terdapat 3 Tasybih Baligh yang terdapat pada bait 1,4, dan 128, dan terdapat 3 Tasybih Muakkad yang terdapat pada bait 69,74,dan 75, serta terdapat 2 Tasybih Mursal Mufasshal pada bait 82, juga terdapat 2 Tasybih Tamsiliyyah pada bait 23 dan bait 30. Di dalam penelitian ini juga ditemukan 3 Istiaroh dengan pembagian jenisnya yakni, terdapat 2 jenis Istiaroh Tashrihiyyah pada bait 4 dan 47, serta 1 Istiaroh Makniyyah pada bait ke-2. Ditemukannya Istiaroh dan Tasybih ini dimana didalamnya kebanyakan menjelaskan manfaat ilmu dan adab belajar mengajar dengan gaya bahasa yang indah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfitrah, Adinda Fatmaadindafatmaa06@gmail.comA71218028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzis, Husein-2003015601
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Tasybih; istiaroh; ta’lim al-muta’alim; ilmu bayan; penelitian
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Adinda Fatma Alfitrah
Date Deposited: 05 Oct 2022 07:23
Last Modified: 05 Oct 2022 07:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55107

Actions (login required)

View Item View Item