Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model PBL dengan pendekatan Rigorous Mathematical Thinking untuk melatih kemampuan pemecahan masalah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Galuh, Diah Ayu (2022) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model PBL dengan pendekatan Rigorous Mathematical Thinking untuk melatih kemampuan pemecahan masalah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Archive
Diah Ayu Galuh_D74215085.rar

Download (31MB)

Abstract

Hal penting yang harus diupayakan dalam dunia pendidikan salah satunya adalah kemampuan pemecahan masalah. Pada penelitian ini, dikembangkan perangkat pembelajaran matematika model Problem Based Learning dengan pendekatan Rigorous Mathematical Thinking untuk melatihkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, dan kepraktisan dari perangkat pembelajaran.
Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase, yaitu fase investigasi awal, fase pembuatan prototype dan fase penilaian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu catatan lapangan serta teknik validasi. Selanjutnya, data penelitian yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis data catatan lapangan, analisis data kevalidan, dan analisis data kepraktisan.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) proses pengembangan perangkat pembelajaran pada fase investigasi awal diperoleh informasi mengenai UPT SMP Negeri 8 Gresik antara lain, dalam pembelajaran pendidik menggunakan RPP dengan acuan kurikulum 2013 untuk kelas VIII, pendidik masih menggunakan pembelajaran konvensional dan materi yang digunakan adalah bangun ruang sisi datar prisma dan limas. Kemudian pada fase pembuatan prototype dihasilkan RPP, LKPD dan lembar validasi perangkat pembelajaran. selanjutnya, pada fase penilaian hanya bisa dilakukan kegiatan validasi ahli oleh tiga validator saja tanpa dilakukan kegiatan uji coba terbatas dikarenakan peserta didik sedang melaksanakan Penilaian Akhir Semester yang tidak memungkinkan untuk dilakukan kegiatan tersebut. (2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kategori “valid” dengan RTV RPP sebesar 4,31 dan RTV LKPD sebesar 4,38. (3) perangkat yang dikembangkan juga masuk dalam kategori “praktis” dengan penilaian kepraktisan RPP dan LKPD masing-masing yaitu dapat digunakan dengan sedikit revisi.

Kata kunci : Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Problem Based Learning, Rigorous Mathematical Thiking, Kemampuan Pemecahan Masalah

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Galuh, Diah Ayugaluhdiahayu@gmail.comD74215085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuparto, Supartoparto2469@gmail.com2002046903
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuniarrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Diah Ayu Galuh
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:07
Last Modified: 24 Nov 2022 02:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55129

Actions (login required)

View Item View Item