Implementasi principal component analysis dalam menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi angka harapan hidup di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Septyananda, Diana Wulan (2022) Implementasi principal component analysis dalam menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi angka harapan hidup di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diana Wulan Septyananda_H72218016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Angka Harapan Hidup (AHH) adalah rataan lamanya seseorang dapat bertahan hidup yang dihitung mulai kelahirannya. Angka harapan hidup berfungsi sebagai salah satu tolak ukur kinerja pemerintah dalam meningkatkan indeks pembangunan masyarakat. Semakin tingginya angka harapan hidup dapat menunjukkan semakin baiknya indeks pembangunan masyarakat serta perekonomiannya. Indonesia merupakan negara yang angka harapan hidup penduduknya mendapatkan ranking ke- enam dalam lingkup negara-negara ASEAN. Hal ini menunjukkan masih rendahnya AHH di Indonesia sehingga perlu melakukan beberapa evaluasi. Untuk dapat melakukan evaluasi diperlukan observasi untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi nilai AHH. Berdasarkan hal tersebut, metode yang tepat untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi AHH adalah metode analisis faktor yaitu Principal Component Analysis . Metode Principal Component Analysis merupakan suatu metode analisis faktor yang mereduksi data menjadi variabel baru dimana jumlahnya lebih sedikit dari variabel aslinya. Metode ini sangat tepat digunakan dalam mencari hubungan dari beberapa variabel yang diperoleh dari banyak data. Didapatkan hasil penelitian bahwa terdapat dua faktor yang mempengaruhi Angka Harapan Hidup di Indonesia yaitu faktor utama dengan nilai varians sebesar 39,758 dan faktor pendukung dengan nilai varians sebesar 31,634.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Septyananda, Diana Wulandianaseptyananda@gmail.comH72218016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIntan, Putroue Keumalapuput.in@gmail.com0728058802
Thesis advisorHamid, Abdullohdoelhamid@uinsby.ac.id2028088501
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Matematika
Keywords: Angka Harapan Hidup; Analisis Faktor; Metode Principal Component Analysis
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Diana Wulan Septyananda
Date Deposited: 24 Nov 2022 11:58
Last Modified: 24 Nov 2022 11:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55179

Actions (login required)

View Item View Item