Pemberdayaan ekonomi jamaah tahlil melalui pengolahan pascapanen kedelai di Dusun Peting Desa Sambongrejo Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Faridatus (2022) Pemberdayaan ekonomi jamaah tahlil melalui pengolahan pascapanen kedelai di Dusun Peting Desa Sambongrejo Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faridatus Sholihah_B92218106 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Aset pertanian yang dimiliki petani di Indonesia tentunya harus di kembangkan dan dibudidayakan. Salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki aset pertanian yaitu Dusun Peting yang merupakan salah satu dusun di Desa Sambongrejo, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro. Dusun Peting ini memiliki aset pertanian, salah satu tanaman yang ditanam yaitu kedelai. Produksi panen kedelai yang dihasilkan di Dusun Peting sendiri kurang lebih mencapai 1.018 ton dengan luas lahan 98.800 m2. Dusun Peting ini juga memiliki lembaga asosiasi yang sangat aktif, salah satunya ada kelompok jamaah tahlil perempuan yang mana sebagai subjek dari penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk pemberdayakan kelompok dalam meningkatkan taraf perekonomian dengan memanfaatkan hasil panen kedelai di Dusun Peting. Metode yang digunakan dalam proses pendampingan ini yaitu metode ABCD (Asset Based Community Development), yang mana dengan metode ini mendorong dan membangun kesadaran masyarakat maupun kelompok terhadap aset yang dimiliki untuk mencapai suatu perubahan sosial yang lebih baik lagi dengan menggunakan lima tahap yaitu diantaranya : Discovery, Dream, Design, Define, dan Destiny. Berdasarkan lima tahap tersebut, masyarakat lebih bisa mengenali aset dan potensi yang mereka miliki dengan menceritakan dan mengingat kembali pengalaman sukses dimasa lalu, kemudan peneliti mengajak masyarakat untuk bermimpi dan berharap dengan apa yang dicapai dimasa yang akan datang. Setelah masyarakat menemukenali aset dan potensi yang mereka miliki, selanjutnya dilaksanakan sebuah program aksi yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan serta peningkatan ekonomi dalam masyarakat. Hasil dari program aksi yang dilaksanakan dalam penelitian ini yaitu tumbuhnya kesadaran masyarakat Dusun Peting akan adanya aset kedelai yang mereka miliki, setelah itu mereka mulai melakukan suatu pemanfaatan dan pengolahan dari hasil panen kedelai tersebut menjadi sebuah olahan yang memiliki nilai jual yang lebih tinggi yaitu menjadi produk olahan susu kedelai serta nugget dari ampas susu kedelai tersebut agar tidak menyisakan limbah dalam program aksi yang dilaksanakan. Dalam hal ini terjadi suatu perubahan positif pada masyarakat dengan adanya kegiatan pendampingan yang dilakukan sehingga membuat masyarakat lebih berantusias dan meningkatkan solidaritas dari masyarakat sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, FaridatusfaridatusSholihah55@gmail.comB92218106
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAdnan, Mujibamujibadnan@gmail.com2007025902
Subjects: Dakwah > Dakwah bil Hal
Ekonomi
Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan; kedelai; peningkatan ekonomi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Sholihah Faridatus
Date Deposited: 14 Sep 2022 03:20
Last Modified: 14 Sep 2022 03:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55222

Actions (login required)

View Item View Item