Strategi serikat buruh migran Indonesia dalam advokasi kasus eksploitasi nelayan migran Indonesia di Kapal Han Rong 368 China tahun 2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidita, Salismi Zulfi (2022) Strategi serikat buruh migran Indonesia dalam advokasi kasus eksploitasi nelayan migran Indonesia di Kapal Han Rong 368 China tahun 2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salismi Zulfi Maulidita_I72218061.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dibuat untuk menjelaskan strategi advokasi Serikat Buruh Migran Indonesia dalam advokasi kasus eksploitasi nelayan migran Indonesia di kapal Han Rong 368 China di tahun 2020. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif serta melakukan wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model analisis interaktif oleh Miles dan Huberman. Dalam menganalisis strategi advokasi oleh Serikat Buruh Migran Indonesia, peneliti menggunakan konsep Jaringan Advokasi Transnasional sebagai alat analisa. Hasil dari penelitian ini yaitu Serikat Buruh Migran Indonesia melakukan advokasi dengan melakukan tiga strategi yaitu; (1) Memobilisasi informasi melalui publikasi laporan investigasi; (2) Pemanfaatan simbol melalui aksi dan projek seni untuk mengangkat kasus; (3) Mendukung petisi yang digagas oleh aktor yang lebih kuat dan lebih berpengaruh secara politik terhadap kasus.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidita, Salismi Zulfiszulfimaulidita@gmail.comI72218061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZaky, Ismailzakyismail82@uinsby.ac.id2030128201
Subjects: Hubungan Internasional
Organisasi Masyarakat
Hak Asasi Manusia
Keywords: SBMI; eksploitasi nelayan migran; kapal Han Rong 368; jaringan advokasi transnasional
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Salismi Zulfi Maulidita
Date Deposited: 07 Oct 2022 03:03
Last Modified: 07 Oct 2022 03:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55231

Actions (login required)

View Item View Item