Implementasi Peraturan Bupati Jombang Nomor 16 Tahun 2021 tentang gerakan masyarakat hidup sehat di Kabupaten Jombang: studi Kasus di Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tricahyono, Fani (2022) Implementasi Peraturan Bupati Jombang Nomor 16 Tahun 2021 tentang gerakan masyarakat hidup sehat di Kabupaten Jombang: studi Kasus di Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fani Tricahyono_I01218007.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peraturan Bupati Jombang No 16 Tahun 2021 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Kabupaten Jombang merupakan salah satu output kebijakan yang ditetapkan oleh Bupati Jombang, Bu Mundjidah Wahab. Maksud dan tujuan ditetapkannya Peraturan Bupati ini adalah sebagai pedoman bagi Perangkat Daerah dan pemangku kepentingan terkait, dalam melaksanakan GERMAS untuk mempercepat, mensinergikan kegiatan dan tindakan dari upaya promotif dan preventif hidup sehat guna meningkatkan produktivitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan akibat penyakit. Sudah semestinya implementasi menjadi salah satu proses kebijakan publik yang sangat penting setelah suatu kebijakan ditetapkan. Untuk itu rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana implementasi Peraturan Bupati Jombang No. 16 tahun 2021 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang dan apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung implementasi Peraturan Bupati Jombang No. 16 tahun 2021 tentang gerakan masyarakat hidup sehat di Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Kebijakan Publik dan Implementasinya yang dikemukakan oleh Ben Anderson. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Kecamatan Jogoroto sudah mulai berjalan proses pelaksanaannya oleh kecamatan beserta puskesmas setempat. Dalam rangka melaksanakan program GERMAS di Kecamatan Jogoroto, pemerintah kecamatan melakukan beberapa upaya dan strategi seperti mengkoordinasikan dan membentuk tim koordinasi GERMAS di tingkat kecamatan yaitu “Forum Komunikasi Kecamatan Sehat”, membina dan mengawasi, dan mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat kepada masyarakat di Kecamatan Jogoroto. Sejak Mei 2021 hingga Februari 2022, faktor yang mendukung keberhasilan implementasi GERMAS di Kecamatan Jogoroto adalah adanya disposisi baik yang dimiliki staff kecamatan serta pihak terkait. Sedangkan faktor yang menghambat proses implementasi GERMAS di Kecamatan Jogoroto yaitu (1) komunikasi yang masih belum berjalan maksimal (2) sumber daya manusia dan sumber daya finansial yang kurang memadai (3) struktur birokrasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tricahyono, Fanifanitricahyonk@gmail.comI01218007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuyuthi, Ahmadahmadasuyuthi@gmail.com197407212006041001
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Kebijakan Publik
Keywords: Implementasi; Peraturan Bupati; GERMAS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Fani Tricahyono
Date Deposited: 04 Jan 2023 02:39
Last Modified: 04 Jan 2023 02:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55237

Actions (login required)

View Item View Item