Pengorganisasian kelompok ternak dalam upaya pemanfaatan limbah kotoran ternak menjadi pupuk organik ramah lingkungan di Kampung Tubanan RT 02 RW 09 Kelurahan Karangpoh Kecamatan Tandes Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ibrahim, Achmad Yasin (2022) Pengorganisasian kelompok ternak dalam upaya pemanfaatan limbah kotoran ternak menjadi pupuk organik ramah lingkungan di Kampung Tubanan RT 02 RW 09 Kelurahan Karangpoh Kecamatan Tandes Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Yasin Ibrahim_B02218001 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kampung Tubanan Makmur RT 02 RW 09 Kelurahan Karangpoh, Surabaya Barat memiliki kondisi alam yang masih cukup banyak terdapat ruang terbuka hijau. Sehingga banyak dari masyarakat yang memilih berternak sebagai pekerjaan sampingan dengan jenis ternak meliputi kambing dan sapi, selama ini hewan ternak hanya dimanfaatkan dagingnya saja dan belum ada upaya untuk pemanfaatan hasil ternak yang lain seperti kotorannya. sehingga penelitian dan pendampingan ini dilakukan untuk mengajak masyarakat memanfaatkan aset berupa kotoran ternak menjadi pupuk organik ramah lingkungan sebagai upaya untuk menambah keberdayaan dan pendapatan bagi para peternak sehingga tidak hanya bergantung pada penjualan daging ternak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Asset Based Community Development dengan tahapan Apreciative Inquiries yang dikenal dengan 5D yakni Discovery, Dream, Design, Define, dan Destiny. Penelitian pendampingan ini menghasilkan : (1) kesadaran masyarakat bahwa limbah ternak juga merupakan potensi yang selama ini dapat dikembangkan. (2) adanya tekad untuk menuju hal yang lebih baik. (3) Muncul kerja sama kolektif berupa kelompok ternak yang selama ini memang belum ada di Kampung Tubanan RT 02 RW 09. (4) Kelompok ternak memiliki keahlian dalam memanfaatkan kotoran ternak menjadi pupuk organik ramah lingkungan berupa pupuk cair dan padat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ibrahim, Achmad YasinAbduljalilyasinibrahim@gmail.comB02218001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, Chabibchabib.musthofa@uinsby.ac.id2030067902
Subjects: Lingkungan Hidup
Pemberdayaan
Peternakan
Keywords: Pengorganisasian; pendampingan; kelompok ternak; kotoran ternak; pupuk organik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Achmad Yasin Ibrahim
Date Deposited: 16 Sep 2022 03:17
Last Modified: 16 Sep 2022 03:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55304

Actions (login required)

View Item View Item