Pemberdayaan masyarakat dalam upaya meminimalisir pencemaran sampah rumah tangga pada permukiman rawan banjir di Dusun Krajan Desa Penambangan Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulana, Muhammad Achsan (2022) Pemberdayaan masyarakat dalam upaya meminimalisir pencemaran sampah rumah tangga pada permukiman rawan banjir di Dusun Krajan Desa Penambangan Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Achsan Maulana_B72218078 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pemberdayaan masyarakat dalam upaya mengatasi masalah pencemaran sampah rumah tangga pada permukiman rawan banjir di wilayah Dusun Krajan. Penelitian ini berfokus untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terkait bahaya atau dampak pencemaran lingkungan dan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan demi mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat. Proses pemberdayaan ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research) yang melibatkan masyarakat atau komunitas di dalamnya dan menjadikannya sebagai aktor utama. Langkah pertama untuk menuju perubahan ini dimulai dari membangun kepercayaan antara peneliti dengan masyarakat. Peneliti melakukan pendekatan awal, menemukan masalah melalui FGD, menentukan strategi perubahan, melakukan aksi hingga evaluasi dan refleksi secara bersama-sama. Strategi pemberdayaan masyarakat yang dilakukan dalam mengatasi masalah pencemaran sampah rumah tangga ini adalah dengan penyadaran masyarakat melalui kegiatan edukasi, pemilahan dan pengolahan sampah rumah tangga, normalisasi sungai dengan penanaman pohon palem, dan advokasi kebijakan terkait pencemaran lingkungan pada permukiman rawan banjir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulana, Muhammad Achsanmaulanaachsan90@gmail.comB72218078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, Chabibchabib.musthofa@uinsby.ac.id2030067902
Subjects: Pemberdayaan
Bahan Pustaka > Pelestarian
Pelestarian
Keywords: Pemberdayaan masyarakat; pencemaran sampah rumah tangga; kesadaran; kepedulian
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Muhammad Achsan Maulana
Date Deposited: 16 Sep 2022 03:29
Last Modified: 16 Sep 2022 03:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55309

Actions (login required)

View Item View Item