Profesionalitas guru pemilik usaha sampingan di Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Septiani, Relia Arni (2022) Profesionalitas guru pemilik usaha sampingan di Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Relia Arni Septiani_I73218049 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah, bagaimana guru yang memiliki usaha sampingan dilihat dalam mendidik dan mengajar, mengapa berbagai usaha sampingan tersebut dilakukan oleh guru, dan bagaimana pandangan masyarakat dan guru terhadap profesionalitas guru pemilik usaha sampingan di Kecamatan Pandaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik Pengumpulan data dilakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunkan untuk menganalisis fenomena ini adalah teori Rasional Instrumental yang dikemukakan oleh Max Weber Hasil penelitian membuktikan bahwa Pertama terjadi variatif profesionalitas guru dalam mendidik dan mengajar. Guru pemilik usaha sampingan ada professional dengan terpenuhinya ke empat Kindikator Kompetensi Pedagogik, Kepribadian, Sosial dan Profesional, Sedangkan guru yang kurang professional terdapat kelemahan dalam menguasai kelas. Kedua, faktor internal pengembangan ilmu yang dimiliki, hasil nyata prodak. Faktor eksternal Keluarga, pemenuhan kebutuhan sekunder, segmentasi pasar luas, pendapatan tamabahan setiap bulan. Ketiga masyarakat memandang apabila memiliki management waktu yang baik bukan masalah apabila memiliki dua pekerjaan bersamaan, sedangkan bagi para rekan sejawat sesama guru memandang bahwa masih berkompeten dalam bidang keguruan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Septiani, Relia Arnireliaarniseptiani@gmail.comI73218049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isaisaanshori67@gmail.com2006056701
Subjects: Guru
Wirausaha
Keywords: Profesionalitas guru; usaha sampingan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Relia Arni Septiani
Date Deposited: 16 Sep 2022 04:06
Last Modified: 16 Sep 2022 04:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55323

Actions (login required)

View Item View Item