Eksistensi budaya nikah di malem songo bagi warga Desa Montongsekar Kecamatan Montong Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziah, Khofifah (2022) Eksistensi budaya nikah di malem songo bagi warga Desa Montongsekar Kecamatan Montong Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khofifah Fauziah_I73218040.pdf

Download (3MB)

Abstract

Objek kajian yang diangkat pada penelitian kali ini ialah bagaimana eksistensi budaya nikah di malem songo bagi warga Desa Montongsekar Kecamatan Montong Kabupaten Tuban. Dari beberapa rumusan masalah tersebut memiliki sub bab pembahasan yang ada di dalamnya. Berikut adalah sub bab pembahasannya: 1) Pembahasan tentang adat pernikahan Jawa di Desa Montongsekar, 2) Makna yang terkandung dalam malem songo atau malam ke 29 Ramadhan. Adapun metode penelitian yang digunakan ialah metode deskriptif kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruksi sosial Peter L. Berger dan Thomas Luckman untuk menganalisis fenomena yang sedang dikaji. Penelitian ini memberikan hasil, bahwa: (1) Waktu atau hari merupakan hal yang sangat penting bagi masyarakat Jawa khususnya masyarakat Desa Montongsekar. Bagi mereka waktu memiliki makna yang sangat dalam sehingga setiap keputusan besar didasari dengan mecari waktu yang baik atau menggunakan sistem perhitungan Jawa. (2) Masyarakat yang memilih menikah di malem songo atau malam ke 29 Ramadhan untuk menghindari sistem perhitungan Jawa yang dirasa terlalu berbelit. Selain itu tradisi ini juga hadir sebagai pembawa solusi ketika dua insan yang ingin bersatu dalam ikatan pernikahan ternyata mendapatkan hasil yang buruk dalam sistem perhitungannya. (3) Bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa yang bisa melebur sistem perhitungan Jawa sehingga setiap manusia yang akan melakukan pernikahan tidak perlu melakukan perhitungan Jawa atau weton.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziah, Khofifahkhofifahfauziah682@gmail.comI73218040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetianingsih, Dwidwisetia@uinsby.ac.id2022127201
Subjects: Nikah
Budaya
Keywords: Eksistensi; budaya; malem songo
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Khofifah Fauziah
Date Deposited: 06 Oct 2022 02:56
Last Modified: 06 Oct 2022 02:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55352

Actions (login required)

View Item View Item