Peran pesantren terhadap quarter life crisis: studi tawakal pesantren Darul Mukhlashin Probolinggo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurhalimah, Nurhalimah (2022) Peran pesantren terhadap quarter life crisis: studi tawakal pesantren Darul Mukhlashin Probolinggo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurhalimah_02040120020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini merupakan hasil penelitian tentang quarter life crisis pada santri Pesantren Darul Mukhlashin Probolinggo. Persoalan quarter life crisis merupakan krisis yang dialami dewasa awal (emerging adulthood) berusia 18 hingga 25 tahun. Krisisnya berupa kekhawatiran tentang masa depan, berkaitan dengan karir, akademik, pernikahan, dan jati diri. Mereka dituntut untuk mandiri, memegang berbagai peran, dan tidak jarang menyebabkan usia dewasa awal stres hingga rentan mengalami gangguan kesehatan mental. Berangkat dari persoalan itulah, penelitian ini menjawab tiga rumusan masalah, di antaranya; Bagaimana pemahaman santri terhadap quarter life crisis? Bagaimana metode pesantren dalam mengatasi quarter life crisis pada santri Pesantren Darul Mukhlashin Probolinggo? Bagaimana peran pesantren dan implementasi tawakal pada santri pesantren Darul Mukhlashin Probolinggo dalam mengatasi quarter life crisis?.Penelitian ini tergolong sebagai penellitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, dan wawancara. Jumlah responden terdiri dari enam santri yang dipilih melalui purposive sampling atau diambil berdasarkan pertimbangan tertentu yaitu santri yang telah berusia 18 hingga 25 tahun. Kemudian, hasil temuan dianalisis secara deskirptif menggunakan teori dari Miles dan Huberman meliputi tiga langkah yakni reduksi, penyajian, dan kesimpulan. Hasil temuan di lapangan, berdasarkan teori QLC bahwa santri Darul Mukhlashin juga mengalami fase quarter life crisis. Dalam mengatasi krisis, peran pesantren begitu mendukung, meski dalam praktiknya pesantren hanya memiliki metode global dan solusinya diserahkan kepada setiap santrinya. Seperti memperbanyak ibadah, berikhtiar, menyibukkan diri, dan tawakal. Implementasi tawakal santri Darul Mukhlashin yakni berprasangka baik, memasrahkan segala urusan masa depan hanya kepada Allah, dan tetap mengimbanginya dengan ikhtiar. Ketika tawakal, hati mereka menjadi tenang, sehingga muncul keyakinan dan harapan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurhalimah, Nurhalimahhalimahnur504@gmail.com02040120020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJa'far, Suhermantosuhermanto.jafar@gmail.com2020086701
Thesis advisorSuis, Suissuisabdullah@yahoo.com2001016202
Subjects: Bimbingan Konseling
Psikoterapi > Psikoterapi Islam
Self confidence
Keywords: peran pesantren; quarter life crisis; tawakal
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Nurhalimah Nurhalimah
Date Deposited: 07 Nov 2022 04:29
Last Modified: 07 Nov 2022 04:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55364

Actions (login required)

View Item View Item