Pengembangan media RUMPAT (Rumah Perpangkatan) sebagai sarana belajar di Rumah Matematika Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Charimaningrum, Nauvalia (2022) Pengembangan media RUMPAT (Rumah Perpangkatan) sebagai sarana belajar di Rumah Matematika Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nauvalia Charismaningrum_D74215058 ok.pdf

Download (12MB)

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah sangat rentan membuat peserta didik menjadi bosan dan jenuh. Salah satu solusinya adalah dengan memberikan media pembelajaran matematika sebagai sarana belajar yang interaktif dan menyenangkan. Selain itu, media harus disesuaikan dengan gaya belajar siswa. Pada penelitian ini menempatkan media RUMPAT di rumah matematika Surabaya bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media RUMPAT yang valid, dan praktis guna memantapkan pemahaman siswa. Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya membuka fasilitas pembelajaran matematika di rumah matematika yang bisa dimanfaatkan pelajar-pelajar jenjang SD dan SMP dan masyarakat di Kota Pahlawan. Rumah Matematika menjadi wadah pelajar Surabaya untuk memperdalam materi Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan media RUMPAT yang dikembangkan. Media RUMPAT dikembangkan mengacu pada buku Sugiono dari pendapat Borg & Gall dengan metode pengembangan Research and Development (R&D) yang terdiri dari enam tahapan, dikarenakan waktu yang terbatas dan media yang terbatas. Uji coba dilakukan pada 10 siswa yang berada di rumah matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan selama penelitian berupa catatan lapangan, validasi ahli, angket respon siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pengembangan media RUMPAT menggunakan 6 tahap Research and Development (R&D) yaitu tahap potensi dan masalah, pada tahap ini peneliti melakukan observasi dengan melihat potensi dan permasalahan yang telah dikembangkan; tahap pengumpulan data, pada tahap ini peneliti telah mengumpulkan bukti hasil penelitian yang dikembangkan; tahap desain produk, pada tahap ini peneliti lebih fokus pada desain media RUMPAT dengan materi perpangkatan; tahap validasi desain, tahap ini peneliti telah menghasilan media RUMPAT yang valid dan layak digunakan; tahap perbaikan desain, peneliti hanya mendapatkan sedikit revisi dari para validasi ahli; dan tahap uji coba produk, peneliti hanya melakukan uji coba terbatas dikarenakan waktu dan kondisi tempat yang kurang memadai di rumah matematika Surabaya. Media RUMPAT dinyatakan valid dengan rata-rata kevalidan sebesar 3,48 dan dinyatakan praktis secara teori dengan kategori dapat digunakan dengan sedikit revisi. Sementara berdasarkan analisis data angket respons siswa, media RUMPAT dinyatakan praktis secara praktik dengan presentase 94%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media RUMPAT dikatakan praktis dengan memenuhi kedua aspek yaitu teori dan praktik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Charimaningrum, Nauvalianauvalia.charismaningrum@gmail.comD74215058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.com2021088301
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com197411042008012008
Subjects: Matematika
Keywords: Pengembangan; media RUMPAT; sarana belajar; Rumah Matematika Surabaya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nauvalia Charismaningrum
Date Deposited: 19 Sep 2022 03:22
Last Modified: 19 Sep 2022 03:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55423

Actions (login required)

View Item View Item