Implementasi AUPB di bidang tata kelola infrastruktur menurut Undang-Undang nomor 6 tahun 2014 di Desa Sokolelah dan Desa Bangkes Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shalihah, Aini (2022) Implementasi AUPB di bidang tata kelola infrastruktur menurut Undang-Undang nomor 6 tahun 2014 di Desa Sokolelah dan Desa Bangkes Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aini Shalihah_02040420003.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tesis yang berjudul “Implementasi AUPB di Bidang Tata Kelola Infrastruktur Menurut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 di Desa Sokolelah dan Desa Bangkes Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan” ini dilatarbelakangi oleh dinamika pemerintah desa dalam membuat keputusan dibidang tata kelola infrastruktur dalam hal partisipasi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua rumusan masalah. Pertama, bagaimana pelaksanaan asas partisipasi publik di bidang tata kelola infrastruktur menurut undang-undang nomor 6 tahun 2014 di desa Sokolelah dan desa Bangkes kecamatan Kadur kabupaten Pamekasan. Kedua, bagaimana peran masyarakat desa dalam mewujudkan terbentuknya AUPB di bidang infrastruktur menurut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 di desa Sokolelah dan Bangkes Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum empiris dengan menggunakan pendekatan sociological jurisprudence, Ada beberapa tahapan yang dilakukan mulai dari pengumpulan data (wawancara, observasi serta dokumentasi) serta analisis data yang digunakan adalah tekhnis deskriptif kualitatif dalam artian dideskripsikan secara sistematis dan faktual pada data yang diperoleh. Teori utama yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori partisipasi, dan juga teori AUPB dalam Hukum Administrasi Negara serta teori demokrasi. Hasil dan analisis dalam penelitian ini yaitu: pertama, pelaksanaan asas partisipasi publik di bidang infrastruktur di desa Sokolelah dan Bangkes menurut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 sudah baik yang dapat dibuktikan dengan indikator penilaian bahwa dalam perencanaan pembangunan infrastruktur kepala desa telah melibatkan unsur masyarakat seperti tokoh masyarakat, kelompok tani serta warga desa yang secara langsung diundang oleh kepala desa. Kedua, partisipasi masyarakat dalam mewujudkan AUPB dibidang infrastruktur di desa Sokolelah dan Bangkes tergolong kepada pastisipasi parsial. Tipologi partisipasi ada tiga yaitu partisipasi palsu, parsial dan penuh. Partisipasi palsu merupakan partisipasi yang bersifat simbolik atau hanya segelintir orang yang terlibat, partisipasi parsial merupakan partisipasi yang hanya melibatkan kelompok kepentingan yang memiliki pengaruh seperti tokoh masyarakat, kelompok tani serta warga desa pilihan kepala desa sedangkan sebagian besar masyarakat tidak memiliki kesempatan.dan partisipasi penuh merupakan partisipasi yang melibatkan masyarakat luas serta terlibat diskusi yang cukup intensif dengan pemerintah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shalihah, Ainieenreal6@gmail.com02040420003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChalik, Abdulachalik_el@yahoo.co.id20270673303
Thesis advisorMuwahid, Muwahidmuwahid@uinsby.ac.id2010037801
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara
Keywords: AUPB; pemerintahan Desa; infrastruktur; partisipasi masyarakat
Divisions: Program Magister > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Aini Shalihah
Date Deposited: 06 Oct 2022 07:18
Last Modified: 06 Oct 2022 07:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55551

Actions (login required)

View Item View Item