Pengaruh jam kerja, modal, lama usaha, tingkat pendidikan, dan lokasi usaha terhadap pendapatan pedagang sayur Pasar Wadungasri Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriani, Sylvie Dwi (2022) Pengaruh jam kerja, modal, lama usaha, tingkat pendidikan, dan lokasi usaha terhadap pendapatan pedagang sayur Pasar Wadungasri Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sylvie Dwi Fitriani_G91218097 ok.pdf

Download (24MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Jam Kerja, Modal, Lama Usaha, Tingkat Pendidikan, dan Lokasi Usaha terhadap Pendapatan Pedagang Sayur Pasar Wadungasri” ini merupakan hasil penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang pengaruh variabel jam kerja, mosal, lama usaha, tingkat pendidikan, dan lokasi usaha terhadap pendapatan pedagang sayur Pasar Wadungasri. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Penelitian menggunakan data primer dari kuesioner yang telah disebar kepada responden kunci yaitu pedagang sayur Pasar Wadungasri yang berjumlah 30 pedagang. Pengujian hipotesis menggunakan metode asumsi klasik (normalitas, multikolonieritas, dan heteroskedastisitas), analisis regresi linear berganda, uji parsial (uji t), uji simultan (uji F). Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa : 1) Variabel jam kerja (X1) mempunyai taraf signifikansi 0,750 dan variabel lokasi usaha (X5) mempunyai taraf signifikansi 0,824 artinya kedua variabel tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan pedagang sayur Pasar Wadungasri. 2) Pada variabel modal (X2) memiliki taraf signifikansi 0,043 dan lama usaha (X3) memiliki taraf signifikansi 0,002 serta tingkat pendidikan (X4) memiliki nilai taraf signifikansi 0,000 yang artinya ketiga variabel tersebut memiliki nilai taraf signifikansi kurang dari 0,05 sehingga dapat diartikan ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap pendapatan pedagang sayur. 3) Variabel X1, X2, X3, X4, dan X5 secara bersama-sama berpengaruh secara simultan terhadap variabel pendapatan (Y). Kepada pedagang sayur Pasar Wadungasri disarankan untuk lebih melihat dan memahami faktor-faktor lain agar mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan yang terjadi. Selain faktor yang digunakan oleh peneliti, maka pedagang juga dapat melihat faktor lain yang belum digunakan dalam penelitian ini. Hal ini untuk mengatasi persaingan yang ketat pada sektor informal khususnya pada pasar tradisional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriani, Sylvie Dwisylviedwi7533@gmail.comG91218097
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHimami, Fatikulfatikul@uinsby.ac.id2023098002
Subjects: Ekonomi
Pedagang
Keywords: Jam kerja; modal; lama usaha; tingkat pendidikan; lokasi usaha; pendapatan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Sylvie Dwi Fitriani
Date Deposited: 20 Sep 2022 04:49
Last Modified: 20 Sep 2022 04:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55606

Actions (login required)

View Item View Item