Penerapan teknik self management untuk mengatasi kesulitan belajar pada remaja di Pondok Pesantren Manbaul Huda Rengel Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maesaroh, Sinta (2022) Penerapan teknik self management untuk mengatasi kesulitan belajar pada remaja di Pondok Pesantren Manbaul Huda Rengel Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sinta Maesaroh_B93218166 ok.pdf

Download (994kB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses penerapan teknik self management untuk mengatasi kesulitan belajar pada remaja di Pondok Pesantren Manbaul Huda Rengel Tuban?, (2) Bagaimana hasil dari penerapan teknik self management untuk mengatasi kesulitan belajar pada remaja di Pondok Pesantren Manbaul Huda Rengel Tuban? Agar bisa menjawab permasalahan di atas, penelitian ini akan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisa deskriptif komparatif. Dalam proses konseling ini, konselor memberikan treatment yakni pemberian teknik self management untuk mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh remaja di Pondok Pesantren Manbaul Huda Rengel Tuban. Proses pelaksanaan konseling dilakukan dengan menerapkan langkah-langkah dalam teknik Self Management yang dimulai dari tahap monitoring atau observasi diri (self-monitoring), identifikasi dan penetapan target perilaku, penentuan strategi, komitmen diri (self-contracting), pelaksanaan strategi, evaluasi diri, serta pemberian penguatan, penghapusan atau hukuman (reinforcement). Dan hasil akhir dari proses konseling ini yaitu adanya peningkatan pada hasil belajar konseli. Hal ini terlihat pada target perilaku yang dicapai oleh konseli serta intensitas perilaku bermasalah semakin menurun seperti halnya tidak ada semangat, mudah putus asa dan tidak bisa fokus.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maesaroh, Sintasintamaysaroh@gmail.comB93218166
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAstutik, Srisri.astutik@uinsby.ac.id2005025902
Subjects: Belajar
Remaja
Terapi
Keywords: Self Management; kesulitan belajar
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Sinta Maesaroh
Date Deposited: 20 Sep 2022 07:24
Last Modified: 20 Sep 2022 07:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55702

Actions (login required)

View Item View Item