Analisis tawhidi string relation pada program kreativitas dan inovasi masyarakat dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) desa; studi pada desa Gosari Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kholison, Rohmatul Farohah (2022) Analisis tawhidi string relation pada program kreativitas dan inovasi masyarakat dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) desa; studi pada desa Gosari Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rohmatul Farohah Kholison_G04217057.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan menjawab rumusan masalah yang terdapat pada penelitian yaitu bagaimana peran program kreativitas dan inovasi masyarakat dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) Desa ditinjau berdasarkan Tawhidi String Relation dan bagaimana korelasi antara tujuan ekonomi pembangunan Tawhidi String Relation dengan Sustainable Development Goals (SDGs) Desa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan Tawhidi String Relation (TSR). Metode ini digunakan untuk menganalisis data berdasarkan fakta-fakta yang ada di lapangan melalui shuratic process (interaction, integration, and evolution process) dan circular causation. Pengumpulan data didapat dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data sekunder diperoleh melalui jurnal, buku, dan dokumen pendukung lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program kreativitas dan inovasi masyarakat Gosari memiliki peran besar dalam mewujudkan SDGs Desa. Hal tersebut dapat dilihat dari pencapaian sembilan tujuan SDGs Desa dan enam komponen maqashid syariah yang mana masing-masing komponen saling berhubungan satu sama lain (circular causation). Pada tahap interaksi dan integrasi, institusi utama pembangunan seperti pemerintah desa, masyarakat, dan tokoh agama berperan signifikan dalam proses perumusan dan implementasi program kreativitas dan inovasi masyarakat di desa Gosari. Kemudian, proses evolusi ditandai dengan perubahan pola pikir masyarakat secara bertahap dan perbaikan program kerja desa dari tahun ke tahun. Pada penelitian ini juga dijelaskan adanya korelasi antara arah tujuan ekonomi pembangunan Tawhidi String Relation (TSR) dengan Sustainable Development Goals (SDGs) Desa meliputi people oriented, maslahah oriented dan falah oriented. Melalui penelitian ini pemerintah desa dapat memaksimalkan potensi lokal desa dan meningkatkan kualitas SDM masyarakat dengan cara penggunaan dana desa secara maksimal, sosialisasi program, pelatihan-pelatihan, dan aktif dalam pendampingan usaha masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kholison, Rohmatul Farohahrohmatulfarohahkholison@gmail.comG04217057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitrianto, Achmad Roomar.fitrianto@uinsby.ac.id2027067701
Subjects: Ekonomi Islam
Pemberdayaan
Pembangunan > Pembangunan Desa
Keywords: Tawhidi string relation; program kreativitas dan inovasi masyarakat; Ekonomi Pembangunan Islam; Sustainable Development Goals (SDGs)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rohmatul Farohah Kholison
Date Deposited: 10 Oct 2022 05:12
Last Modified: 10 Oct 2022 05:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55784

Actions (login required)

View Item View Item