Pemberdayaan ekonomi perempuan melalui pengolahan kacang hijau di Semolowaru Utara Kelurahan Semolowaru Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdaus, Nikmatul (2022) Pemberdayaan ekonomi perempuan melalui pengolahan kacang hijau di Semolowaru Utara Kelurahan Semolowaru Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nikmatul Firdaus_B92218125 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pemberdayaan ekonomi kelompok perempuan di Semolowaru Utara melalui pengolahan kacang hijau dengan pemanfaatan aset yang dimiliki oleh perempuan. Penelitian ini bertujuan melakukan suatu perubahan masyarakat dengan melihat kondisi ekonomi sebelum pemberdayaan, melakukan strategi pemberdayaan serta hasil yang didapat dengan adanya pemberdayaan yang terkit relevansi dakwah dalam pemberdayaan pengolahan kacang hijau. Dalam penelitian pedampingan ini menggunakan metode pendekatan Asset Based Community Development (ABCD) dimana pendekatan ini fokus pada asset yang dimiliki. Mencakup 5-D dalam Apreciative Inquiry, diantaranya yaitu (Discovery) memukenali dan menggali asset, (Dream) membangun impian, (Design) menyusun strategi, (Define) menentukan program, (Destiny) melakukan aksi program. Hasil penelitian dari proses pemberdayaan ekonomi melalui pengolahan kacang hijau. Kelompok perempuan sangat antusias dan semangat dalam melakukan program kegiatan pengolahan kacang hijau menjadi produk minuman dan cookies kacang hijau. Dengan adanya pengolahan kacang hijau kelompok perempuan memiliki jiwa kewirausahaan yang berguna dalam meningkatkan perekonomian sehingga dapat menambah pendapatan keluarga. Serta dapat memanfaatkan potensi dengan mengimplementasikan dakwah islam pemberdayaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdaus, Nikmatulnikmatulfirda@gmail.comB92218125
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansyur, M. MunirUNSPECIFIED2017035901
Subjects: Ekonomi Islam
Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan; pengolahan; peningkatan ekonomi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nikmatul Firda
Date Deposited: 20 Sep 2022 07:32
Last Modified: 20 Sep 2022 07:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55829

Actions (login required)

View Item View Item