Pengembangan modul Role Reversal untuk mengurangi perilaku Trust Issue pada remaja

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lean, Johan Effendi (2022) Pengembangan modul Role Reversal untuk mengurangi perilaku Trust Issue pada remaja. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lean Johan Effendi_B03218023.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan modul dari teknik Role Reversal untuk remaja yang mengalami perilaku Trust Issue terhadap orang tuanya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media yang mampu untuk mengurangi perilaku Trust Issue anak terhadap orang tuanya dengan memperbaiki komunikasi antar keduanya. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan “Kotak Curhat” dengan konsep kotak surat. Penelitian ini dilakukan melalui enam tahapan utama, yaitu (1) Analisis potensi dan masalah. (2) Perencanaan desain produk awal (Prototype) (3) Pengumpulan data yang didapat dari literatur dan pendapat urgensi masalah dari masyarakat luas. (4) Validasi design oleh ahli. Perhitungan total yang didapat dari penilaian uji ahli yakni 83%. Nilai tersebut masuk pada kategori sangat bagus. (5) Revisi Produk menambahkan dan mengurangi dari kritik ahli. (6) Uji coba produk pada subjek. Dari hasil pemberian angket pretest dan posttest terdapat penurunan poin. Perubahan tersebut dari 56 ke 49 dengan selisih 7 poin. Kemudian dari hasil angket kemudahan penggunaan media mencapai persentase sebesar (83%) dengan klasifikasi “Sangat Mudah”. Berdasarkan hasil tersebut maka media yang dikembangkan oleh peneliti layak digunakan dalam proses konseling. Dengan fokus untuk mengurangi perilaku Trust Issue remaja terhadap orang tua.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lean, Johan Effendileanje57@gmail.comB03218023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMohamad, Thohirmohamadthohir@uinsby.ac.id2017057902
Subjects: Bimbingan Konseling
Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Keluarga
Keywords: Modul Role Reversal; perilaku Trust Issue; remaja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Lean Johan Effendi
Date Deposited: 10 Oct 2022 08:10
Last Modified: 10 Oct 2022 08:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55856

Actions (login required)

View Item View Item