Pengaruh pemberian air cucian beras terhadap pertumbuhan tanaman kangkung darat (ipomoea reptans)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Karimah, Sayyidatul (2022) Pengaruh pemberian air cucian beras terhadap pertumbuhan tanaman kangkung darat (ipomoea reptans). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sayyidatul Karimah_H71215024 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kangkung darat (Ipomoea reptans) merupakan salah satu tanaman yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia karena rasa yang gurih dan enak. Peningkatan produktivitas tanaman sayuran dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya adalah pemberian pupuk organik salah satunya adalah air cucian beras atau leri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian air cucian beras terhadap pertumbuhan tanaman kangkung serta mengetahui konsentrasi yang memiliki pengaruh pada tanaman kangkung. Jenis penelitian ini bersifat deskripsi eksperimental menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) yang memiliki dua variabel yaitu variabel bebas dan terikat. Terdiri dari 5 konsentrasi, yaitu 0%, 1,5%, 3%, 4,5%, 6% dengan tiga kali ulangan. Adapun hasilnya adalah tinggi tanaman kangkung darat akan tergantung pada kadar air cucian beras yang digunakan dan daya serap tanah untuk menyimpan unsur hara (pH tanah). Namun nyatanya tidak berpengaruh pemberian limbah air cucian beras terhadap tinggi tanaman sampai akhir pengamatan diduga disebabkan oleh rendahnya kandungan hara yang tersedia pada limbah air cucian beras. Dari hasil penelitian mengidentifikasikan bahwa pemberian air cucian beras terhadap pertumbuhan tanaman kangkung darat tidak memberikan hasil yang signifikan karena hasil tumbuhnya tidak berbeda jauh dari tanaman yang lain. Konsentrasi yang paling optimal pada perlakuan konsentrasi penelitian tersebut dengan perlakuan 6%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Karimah, Sayyidatulsayidatulkarimah@gmail.comH71215024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTyastirin, Estiesty@uinsby.ac.id2024068702
Thesis advisorBahri, Saifulsaiful200488@gmail.com2020048801
Subjects: Biologi
Keywords: Air cucian beras; kangkung darat (Ipomoea reptans)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Sayyidatul Karimah
Date Deposited: 21 Sep 2022 03:32
Last Modified: 21 Sep 2022 03:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55860

Actions (login required)

View Item View Item